Minggu, 06 Mei 2012

Mutiara Nasehat No. 11 - 20

Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.

11.  Lakukan perintah sesuai kemampuan
Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda: ” Apa saja yang aku larang bagi kamu hendaklah kamu jauhi, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu maka lakukanlah sesuai kemampuanmu”. 
Maka sungguh buruk orang yang berlebih-lebihan dalam agama (bersikap ekstrem) dan terlalu sibuk dengan perdebatan agama sementara akhlaq dan perbuatannya kepada saudaranya (sesama muslim) belum dia perbaiki dahulu”.
 Walaupun dianggap baik namun hakikatnya tercela karena suka memecah belah umat islam. Dan sebaik-baik keadaan dalam hal tersebut adalah sabar dalam perbedaan pendapat".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)
12. Penghambat terkabulnya do'a
“Jika seorang bertanya-tanya mengapa do’anya tidak terkabul-kabul. Maka justru dia sendiri yang harus bertanya pada dirinya sendiri. Karena barangkali dia tidak memperhatikan rejekinya (didapat  dari jalan halal atau haram) dan makanannya (makanan haram atau halal).”
(ashabul muslimin)

13. Jangan marah
“Jangan marah, marah akan membakar hati. Karena marah itu  dari setan. Setan diciptakan  dari api. Setan tempatnya dineraka. Jangan banyak marah jika ingin jauh  dari neraka”.
(ashabul muslimin)

14. Sifat keraguan
“Jauhilah perbuatan yang sekiranya meragukan meskipun itu kelihatannya benar. Dan bergantilah mengerjakan sesuatu yang jelas kebenarannya. Karena sifat ragu-ragu hanya akan mudah  ditipu setan.”
(ashabul muslimin)

15. Tinggalkan yang sia-sia
“Tinggalkan  segala sesuatu yang tidak berguna dan bergantilah mengerjakan sesuatu yang berguna maka akan lebih tentram hidupmu. Karena sesungguhnya waktu kita didunia ini tidak banyak. Dan nasehat nabi perbuatan seperti itu (meninggalkan hal sia-sia) merupakan tanda baiknya keimanan seseorang”
(ashabul muslimin)

16. Sikap saling menyayangi sebagian dari iman
Rasulullah saw bersabda “Tidaklah sempurna keimanan salah seorang di antara kamu sehingga ia mencintai bagi saudaranya (sesama muslim) segala sesuatu yang dia cintai bagi dirinya sendiri.”Oleh karena itu takkan terjadi perpecahan, perselisihan, pertikaian, iri dan dengki, bahkan sampai bunuh membunuh jika sesama muslim lebih mengedepankan sifat kasih sayang terhadap sesama dan menjauhi egoisme”.
(Syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

17. Perbuatan kufur
“Termasuk perbuatan kufur  bila seorang muslim membunuh saudara tanpa alasan yang bisa dibenarkan, jika mati belum bertaubat niscaya dia masuk neraka.karena hanya 3 hal sebab darah seorang muslim halal (dibunuh) yaitu Murtad, zina tapi sudah menikah, dan membunuh sesama muslim itu sendiri”.
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

18. Berkata baik atau diam
“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari pembalasan (kiamat) maka berkatalah baik atau diam karena kebanyakan manusia masuk neraka disebabkan dosa mulutnya. “
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

19.Perintah berbuat baik kepada tetangga
“Barangsipa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya”.
“Karena tetangganya adalah saudara (sesama muslim) terdekatnya. Ingatlah kalau kita sedang tertimpa kesusahan maka biasanya tetangga terdekat dulu yang kita minta bantuannya”.
“ Ingatlah bahagia itu banyak teman bukan banyaknya kemewahan”.
“Sungguh buruklah sifat individualisme dan egoisme yang telah merajalela di perkotaan karena walaupun mereka mengaku muslim tapi prilaku tidak mencerminkan sebagai seorang muslim karena dengan tetangga menjauhi dan masa bodoh bila tetangganya tertimpa kesusahan”.
(ashabul muslim  dari hadit nabi)


20. Hikmah memuliakan tamu
“Barangsiapa beiman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia memuliakan tamunya”.Karena Allah akan memberikan berkah yang banyak kepada seseorang melalui perantaraan tamunya”. 
Barangsiapa memuliakan tamu maka akan dilapangkan rejeki dan umurnya oleh Allah. 
Dan juga barangsiapa yang tidak memuliakan tamunya maka Allah akan mempersempit rejeki dan berkah umurnya”.
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah