Rabu, 16 Mei 2012

Mutiara Nasehat No. 131-140

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien



131. Ridha Allah tergantung ridha kedua orang tua
“Ridho Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tuanya dan murka Allah juga diakibatkan kemurkaan orang tuanya." 
Maka walaupun punya amal shalih setinggi langit namun dengan orang tua tidak baik / durhaka jangan berharap masuk surga, dan tidak jarang orang yang amal shalihnya pas-pasan bisa masuk surga sebab ridho orang tua karena semasa hidupnya berbakti kepada keduanya".
(ashabul muslimin)

132. 5 hal yang membuat keluarga sakinah dan bahagia
Rasulullah memberi wasiat  “Ada 5 hal yang membuat keluarga bahagia, InsyaAllah yaitu : keluarga yang senang mempelajari ilmu- ilmu agama, yang muda-muda menghormati yang tua-tua, harmonis dalam kehidupan, hemat dan hidup sederhana, menyadari cacat-cacat (kekurangan) mereka dan segera meminta maaf dan melakukan taubat.”
(Hadit Rasulullah riwayat Ad-dailamy)

133. Buku adalah peradaban
"Buku adalah peradaban dunia karena Buku adalah gudang pengetahuan. tanpa pengetahuan manusia tak punya peradaban. Tetapi banyak orang sekarang ini meremehkan budaya membaca, padahal dalam al-Qur'an sendiri pertama diturunkan adalah perintah untuk belajar dan membaca. Inilah awal runtuhnya sebuah peradaban manusia jika sudah terlalu banyak orang mengabaikan buku dan memilih menghabiskan waktunya untuk hal yang main-main dan sia-sia". 
(Ashabul Muslimin)

134. Bencilah dengan sewajarnya
"Jika anda benci seseorang bencilah dengan sewajarnya janganlah menyimpan dendam, karena memang sifat cinta dan benci tidak bisa dihilangkan dari fitrah manusia. hidup penuh dengan kebencian hanya akan menambah racun dalam hati yang akan membuat hidup terasa sempit. bersabar itu lebih baik dan lebih melatih kedewasaan dan tentunya mendapatkan pahala yang besar dari Tuhan Semesta Alam".
(Ashabul Muslimin)

135. Cintailah sewajarnya
"jika anda mencintai seseorang cintailah sewajarnya jangan berlebihan karena hanya akan membuat hati anda tertawan, buta mata, buta hati dan hilang akal sehat. apalagi cinta sesuatu yang melebihi cinta kepada Allah hal itu merupakan sebagian dari syirik. Karena kalau sudah cinta berlebihan (cinta buta) maka mana yang benar dan mana yang salah sudah takbisa lagi membedakan karena hatinya sudah tertawan setan"
(ashabul muslimin)

136. Bumi adalah ibu dari jasad manusia
"Bumi ini adalah seperti ibu bagi jasad manusia karena setiap manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali pula kedalam tanah, imam malik pernah berkata tentang 10 hal yang diwasiatkan oleh bumi  yang harus kita ingat selama hidup didunia yaitu ....
1. ‘wahai anak cucu adam, kamu berjalan di atasku, ingatlah tempat kembalimu di dalam perutku’.
2. ‘kamu melakukan maksiat dan dosa-dosa di atasku, ingatlah kamu akan diseksa dalam perutku’.
3. ‘kamu banyak bersendau gurau di atasku, ingatlah kamu banyak akan menangis dalam perutku’.
4. ‘kamu memakan barang haram di atasku, ingatlah cacing akan memakan kamu di dalam perutku’.
5. ‘kamu bergembira di atasku, ingatlah kamu akan merasa susah dalam perutku'.
6. ‘kamu menggunakan barang-barang haram di atasku, ingatlah kamu akan hancur dalam perutku’.
7. ‘kamu bersikap sombong di atasku, ingatlah kamu akan menjadi hina dina dalam perutku’.
8. ‘kamu berjalan dengan bersukaria di atasku, ingatlah kamu akan merasa kesedihan dalam perutku’.
9. ‘kamu berjalan diterangi cahaya di atasku, ingatlah kamu akan kegelapan di dalam perutku’.
10.’kamu berada dalam keramaian (bersama orang-orang) di atasku, ingatlah kamu akan duduk bersendirian dalam perutku’.
(Ashabul Muslimin dikutip dari atsar imam malik)

137. Panggilan dari kubur
"Ketahuilah, setiap hari kubur akan memanggil manusia sebanyak 5 kali:
1. ‘Aku adalah rumah yang sunyi dan keseorangan. Bagi memeriahkannya hendaklah kamu membaca Al-Quran’.
2. ‘Aku adalah rumah yang gelap gelita. Terangilah aku dengan sembahyang malam’.
3. ‘Aku adalah rumah yang dipenuhi dengan habuk dan debu. Hendaklah kamu membawa bekal taqwa dan amal-amal soleh’.
4. ‘Aku adalah rumah yang dipenuhi ular. Bawalah pendinding yaitu bacaan "Bismillahirrahmanirrahim" hingga mencucurkan air mata’.
5. ‘Aku adalah rumah pertanyaan Mungkar Nakir. Perbanyakkanlah membaca ‘Laa ilaaha illallah, Muhammadur Rasulullah’ agar kamu dapat memberi jawapan kepadanya’.
Rasulullah bersabda: ‘Sesungguhnya alam kubur itu adalah tahap pertama untuk alam akhirat’.(Hadits Riwayat Tirmidzi, Malik dan Hakim)

138. Kematian pasti datang
"Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".
(Q.s Al-Jumu'ah ayat 8)

139. Bersihkan hati dan jiwa
"Bersihkan hatimu dengan memperbanyak istighfar, bersihkan jiwamu dengan berdzikir dan selalu  mengingat mati, karena setiap jiwa yang kotor (dengan dosa) tidak pantas menemui Allah Ta'ala". (Ashabul Muslimin)

140. Kesempurnaan
“Kesempurnaan yang paling sempurna adalah tafakkuh (mendalami) agama, sabar menghadapi musibah dan ekonomis (hemat dan perhitungan) dalam mengeluarkan segala kebutuhan hidup”.
(Nasehat Imam Baqir)





0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah