Senin, 07 Mei 2012

Mutiara Nasehat No. 41 - 50


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.


41. Ucapan harus sesuai perbuatan
“Belum dikatakan orang berilmu (alim) bila lisan dan perbuatan belum beres”.
Namun bisa dikatakan orang alim walaupun tidak banyak ilmu bila lisan dan perbuatan mencerminkan ajaran islam”.
Karena ucapan tidak sesuai perbuatan sudah pantas disebut kemunafikan”.
(ashabul muslimin)

42. kehormatan dan harga diri
“Kehormatan diri tergantung cara berpenampilan, harga diri tergantung ucapan lisan, dan kemuliaan akan didapat bila penampilan dan perkataan sesuai dengan perbuatan yang baik”.
(ashabul muslimin)

43. Beda manusia dan hewan
“Apapun yang keluar  dari lubang manusia (lubang mulut, hidung, mata, telinga, kubul, dubur) semuanya kotor tak ada harganya. Kecuali lubang itu mengeluarkan perkataan-perkataan dan perbuatan yang mulia. Karena sebab itulah manusia jadi lebih mulia  daripada hewan”.
“Lalu apa bedanya manusia dengan hewan karena sama-sama punya mulut, punya mata, punya telinga, punya anus dan punya kemaluan. Oleh karena itulah manusia berbeda dengan hewan karena diberi akal pikiran untuk membedakan mana yang baik mana yang buruk. Manusia yang tidak mau menggunakan akalnya untuk berpikir sebelum berbuat maka sungguh tidak ada ubahnya seperti hewan bahkan lebih rendah lagi .”
(Ashabul muslimin)

44.Lihatlah yang dibicarakan jangan lihat yang bicara
“Kita takkan menjadi baik bila kita hanya sibuk mencari-cari kesalahan oranglain. Tapi kita akan menjadi baik bila kita sibuk mengamati kebaikan orang lain dan meneladaninya. Karena itu jangan melihat siapa yang berbicara tapi lihatlah apa isi (nasehat) yang dibicarakan.”
(ashabul muslimin)

45. Godaan setan
“Sebenarnya godaan setan itu lemah. Setan berhasil menggoda manusia karena memanfaatkan kelemahan hati manusia yaitu mudah terpengaruh (bujuk rayu), suka dipuji, panjang angan-angan, dan manja (tidak mau berusaha keras)”.
(ashabul muslimin)

46. 5 Penyebab kerasnya hari
“ada lima penyebab kerasnya hati (sehingga sulit menemukan kebenaran) yaitu banyak makan (meskipun halal), banyak tidur, banyak tertawa, banyak bicara yang sia-sia dan banyak menganggur (suka malas-malasan)”.
(ashabul muslimin)
47. Mengeluh tanda ketidak ihlasan
“Banyak mengeluh tanda ketidakikhlasan menerima ujian  dari Tuhan Semesta Alam. Padahal jika seorang muslim sabar  dari ujian Allah akan mengangkat derajatnya. Maka buruklah generasi manja yang suka mengeluh tentang segala sesuatunya. Walaupun sabar tetap saja tak berpahala karena ketidakihlasannya.”
(Ashabul muslimin)

48. Marah adalah..
“Marah yang benar adalah tegas. Marah yang salah adalah emosional”
(ashabul muslimin)
49. pura-pura jadi nyata
“jangan suka jadi orang berpura-pura karena kebiasaan pura-pura biasanya akan jadi nyata-nyata”. Pura-pura jadi orang baik maka jika diteruskan akan menjadi orang baik pula. Pura-pura jadi orang jahat maka jika diteruskan akan jadi orang jahat pula”.
(ashabul muslimin)
50. faktor kesukesan
“Salah menentukan tujuan akan salah juga semua caranya untuk mendapatkan tujuannya. Maka  dari itu faktor visi (tujuan) adalah faktor utama keberhasilan sebuah usaha”. Dan faktor yang mendukung adalah faktor kesungguhan (pantang menyerah) dan selalu belajar untuk perbaikan”.
(Ashabul muslimin)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah