Selasa, 05 Juni 2012

Mutiara Nasehat No. 201 - 210

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien






201. Kesungguhan berbuah keberhasilan
"kesungguhan akan berbuah keberhasilan. dan tak ada kesungguhan kecuali pantang menyerah dalam kegagalan"(ashabul muslimin)

202. Cinta dunia dan bahayanya
“Barang siapa yang mencintai dunia, rasa takut kepada akhirat akan sirna dari hatinya. Barang siapa yang ilmunya bertambah kemudian kecintaannya kepada dunia juga bertambah, maka ia akan bertambah jauh dari Allah dan kemurkaan-Nya kepadanya akan bertambah”.(Nasehat Imam Kazhim)

203. Hindari tamak dan rakus
“Hindarilah tamak dan janganlah mengharap apa yang ada di tangan manusia serta musnahkanlah rasa tamak dari hati para makhluk, karena tamak adalah kunci kehinaan, pembasmi akal, pemusnah dan pengotor harga diri serta pembasmi ilmu. Janganlah (hanya mengandalkan) tawakal kepada Tuhanmu”.(Nasehat Imam Kazhim)

204. Menjaga amanah dan jujur
“Menjaga amanah dan berkata jujur dapat mendatangkan rezeki, sedangkan khianat dan berkata bohong dapat mendatangkan kefakiran dan kemunafikan”.(Nasehat Imam Kazhim)

205. Takutlah kepada Allah dan berkatalah yang benar
“Takutlah kepada Allah dan berkatalah benar meskipun engkau harus binasa, karena di dalam berkata benar itu adalah keselamatanmu. Takutlah kepada Allah dan tinggalkanlah kebatilan meskipun engkau akan selamat, karena di dalam kebatilan itu adalah kecelakaanmu”.(Nasehat Imam Kazhim)

206. Seoranga mukmin bak sayap timbangan
“Seorang mukmin bak dua sayap timbangan, ketika imannya bertambah, maka bala`nya pun akan bertambah”.(Nasehat Imam Kazhim)

207. Sarana mendekatkan diri kepada Allah
“Shalat sunnah adalah sarana bagi mukmin untuk mendekatkan diri kepada Allah”.(Nasehat Imam Kazhim)

207.  Suara dihari kiamat
“Pada hari kiamat sebuah suara akan berteriak lantang: “Perhatian! Barang siapa yang merasa memiliki pahala di sisi Allah, hendaklah ia berdiri!” Tidak ada orang yang berani berdiri kecuali para pemaaf dan orang yang memilih semangat untuk ishlah (beramal shalih). Pahalanya ada di sisi Allah”.(Nasehat Imam Kazhim)

208. Sedekah yang terbaik
“Menolong orang yang lemah (fakir miskin dan anak yatim) adalah sedekah terbaik”.(Nasehat Imam Kazhim)

209. Hati-hati dengan dosa
“Ketika seseorang melakukan dosa baru yang belum pernah dilakukannya (sementara tahu bahwa yang dikerjakan adalah perbuatan dosa), maka Allah akan mendatangkan bala` yang tak pernah disangka-sangka baginya”.(Nasehat Imam Kazhim)


210. Agama adalah kunci kemuliaan
“Perdalamilah agama Allah, karena memperdalami agama adalah kunci hati dan faktor utama untuk mencapai kedudukan yang tinggi di dalam agama dan di dunia. Dan keutamaan seorang “faqih” atas seorang abid bak keutamaan matahari atas bintang-bintang, dan barang siapa enggan mendalami agamanya, maka Allah tidak akan pernah meridhai amalannya”.(Nasehat Imam Kazhim)




0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah