Jumat, 06 September 2013

Mutiara Nasehat Islam 591 - 600

سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Kata mutiara nasehat ini Terinspirasi dari mutiara Qur'an , hadits dan perkataan ulama. jika ada yang salah mohon dimaafkan yang sebesar-besarnya. Tujuan kami hanyalah semakin mempermudah pemahaman kita dalam mempelajari ajaran agama islam. semoga bermanfaat amiien.

591. Jadilah burung elang

"Rejeki/Karunia Allah itu Maha Luas. Bumi, Langit, Udara dan Samudra terhampar untuk manusia. Jika engkau ingin kaya harta dan kaya pengalaman, carilah rejeki-Nya dimuka bumi manapun dengan bekal ilmu yang kau punyai. Jangan jadi katak dalam tempurung yang hanya tahu rejekinya sebatas lingkar tempurung. Jadilah burung elang yang terbang melanglang buana diangkasa raya demi mencari karunia-Nya yang sangat luas.

(Ashabul Muslimin)

592. Perbandingan teori dan terapan

"Ilmu Teori hanya sebuah konsep dialam pemikiran manusia, sedangkan Ilmu praktik adalah Ilmu kenyataan yang melahirkan teori. Orang bisa berteori namun belum tentu bisa mempraktikan, akan tetapi orang yang mahir praktik kemungkinan besar bisa menyimpulkan sebuah teori yang terapan."

(Ashabul Muslimin)

593. Keindahan yang sesungguhnya

"Secantik dan setampan apapun manusia, Segagah dan semolek apapun manusia, Sekaya dan setinggi apapun pangkat manusia janganlah kau terlalu mengaguminya. Karena semua itu hanyalah keindahan semu yang bakalan binasa oleh sang waktu. Tapi anda boleh kagum dengan kemuliaan akhlaq seseorang karena itulah keindahan abadi yang akan dibawa hingga mati".

(Ashabul Muslimin)

594. Syukur dan istighfar

"Jika anda memperoleh karunia Allah SWT kemudian bersyukur. Maka sesungguhnya kalimat syukur itu jauh lebih baik bobotnya daripada semua nikmat yang telah anda dapatkan. Jika anda melakukan kesalahan (dosa) kemudian anda istighfar, maka kalimat istighfar itu jauh lebih baik daripada kebaikan-kebaikan yang telah anda lakukan."

(Ashabul Muslimin)

595. Yang penting anda faham

"Jika anda membaca sebuah kitab tebal tapi tidak tahu isinya itu adalah perbuatan sia-sia, Jika anda membaca satu halaman cerita tapi anda bisa memetik hikmahnya itu jauh lebih berharga".

(Ashabul Muslimin)

596. Sukses itu ada 5 unsur

"Kesuksesan itu ada 5 unsur pokok ; Ketaqwaan, Kedisiplinan, Kerja Keras, Banyak Belajar dari Kesalahan, dan Pandai dalam pergaulan".

(Ashabul Muslimin)

597. pemikiran dan perasaan

"Dalam hal pemikiran laki-laki lebih unggul daripada wanita. Dalam hal pendekatan perasaan wanita lebih unggul daripada pria. Oleh karena itu ditakdirkan laki-laki sebagai pemimpin bagi kaum wanita dan wanita sebagai pendamping (motivator) suaminya dikala jiwanya bimbang".

(Ashabul Muslimin)

598. Istri buruk dan baik

"Isteri yang berakhlak buruk bagi seorang suami, kalau dimisalkan adalah bagaikan orangtua renta yang memikul beban berat. Sedang isteri yang sholihah bagi seorang suami bagaikan mahkota yang dilapisi emas. Manakala suami memandangnya,maka membuat ketenangan. "

(Nasehat Nabi Dawud As.)

599. Penakut itu baik untuk wanita

Sifat Penakut adalah sebaik baik sifat untuk wanita, namun sifat itu adalah sifat terburuk bagi pria.

Karena jika wanita itu penakut dari segala sesuatu maka ia tidak akan keluar rumah (berpergian jauh) kecuali bersama suaminya dan ia akan merasa takut ketempat-tempat yang dapat mengundang mara bahaya".

(Ashabul Muslimin)

600. Syukuri cerewet istri

"Berbahagialah anda jika memiliki istri yang cerewet karena. Karakter istri cerewet adalah sifat keterbukaan hatinya yang melanggengkan hubungan keluarga. Istri yang pendiam biasanya menyimpan banyak perasaan mengganjal dihatinya kemudian muncul sifat serba tertutup (mengungkapkan perasaan) yang kemudian lama kelamaan akan menyebabkan perceraian keluarga".

(Ashabul Muslimin)


0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah