Senin, 21 September 2015

Kumpulan mutiara nasehat islam (bag. 1)


1. amal tergantung niat
"Rasulullah pernah bersabda: "Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya". Maka jika berniat ibadah ikhlas karena Allah maka akan dibalas pahala yang berlipat baik didunia maupun akhirat , akan tetapi berniat ibadah namun hanya untuk mendapatkan pujian orang lain atau berharap imbalan daripada manusia maka sia-sialah seluruh amalnya dan dia hanya mendapatkan apa yang dia harapkan".
( dari hadits rasulullah)

2. Tingkatan Ihsan
"Islam berbicara masalah amal yang bersifat lahiriyah, iman berbicara masalah amal yang bersifat batiniyah. Sehingga bisa dikatakan islam namun belum tentu bisa dikatakan iman karena yang tampak dhohirnya saja (seperti orang munafik), dan juga seseorang bisa dikatakan iman akan tetapi belum dikatakan islam bila belum mengamalkan apa yang diyakininya. Sedangkan tingkatan ihsan mencakup keduanya yaitu mengimani dan mengamalkan apa yang diyakininya."
(syair ashabul muslimin dari hadits tentang iman islam ihsan)

3. Tentang Rukun Islam
"Islam ibarat sebuah bangunan, bila bagian satu roboh maka akan berpengaruh kepada kekuatan bangunan itu. Maka jika rukun islam (berjumlah lima) ibarat bagian-bagian sebuah bangunan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Syahadat adalah pondasi dasar agama. Tidak bisa dikatakan bangunan bila tak ada pondasi. Maka yang paling berbahaya bila roboh adalah robohnya syahadat. Karena walaupun masih mengerjakan sholat, zakat dan sebagainya akan tetapi syahadatnya tidak beres maka sia-sia amalnya, karena hal tersebut sudah dianggap kafir.
2. Sholat adalah tiang agama. Bangunan takkan bisa berdiri tegak bila tidak ada tiang penyangganya. Maka barangsiapa meninggalkan sholat berarti sedang merobohkan agamanya sendiri secara tidak sadar.
3. Zakat adalah temboknya agama (dinding). Ibarat sebuah bangunan tanpa dinding maka maling atau binatang buas mudah sekali masuk kedalam bangunan itu. Begitu pula dengan orang yang bersyahadat dan sholat namun tidak mau berzakat maka secara tidak sadar orang itu telah membiarkan dirinya dimangsa oleh binatang buas (hawa nafsu dunia berupa penyakit tamak, pelit, kikir, bakhil).
4. Puasa adalah atap agama. Begitu pula bangunan tidak sempurna tanpa atap. Maka bangunan jika tanpa atap maka akan mudah air hujan masuk kedalam bangunan itu. Maka orang yang meninggalkan puasa (wajib) secara tidak sadar orang itu telah membiarkan dirinya kehujanan dan berakibat masuk angin (membiarkan anggota badan berbuat dosa seenaknya akhirnya bathinnya sakit tidak terasa). Karena pada hakikatnya puasa itu melatih anggota badan supaya meminimalisir (menahan) dari perbuatan-perbuatan dosa yang telah "dianggap" biasa. Seperti mencela, menggunjing, memandang yang tidak halal, melihat dan mendengar kemaksiatan dsb. Akhirnya kalau sudah terbiasa walaupun itu dosa kecil pasti dampaknya menjadi dosa besar karena menumpuk.

5. Haji adalah ibarat perhiasan agama. Ibarat sebuah rumah akan nampak indah bila rumah itu dikasih cat warna-warni, taman dan pot bunga, lampu-lampu hias, pigura-pigura lukisan dsb. Seperti ibarat itu jika seseorang kaya mempunyai rumah maka dia akan menghiasi rumahnya dengan berbagai macam perabot dan hiasan lainnya. Begitu juga dengan islam, haji diwajibkan bagi yang telah mampu saja.
(Ashabul Muslimin)

4. Diterimanya amal itu tergantung akhirnya
"Sesungguhnya amal itu tergantung akhirnya. Karena itu istiqomahlah supaya terhindar dari kematian yang buruk (su'ul khotimah). Karena ada ahli ibadah masuk neraka karena ajal menjemput pada saat berbuat maksiat, ada juga ahli maksiat yang masuk surga karena pada saat mati menjemput pada saat berbuat amal shalih. Dan kita wajib berlindung kepada Allah dari kematian yang buruk dan memohon kematian yang baik"
(ashabul muslimin)

5. Amal yang diterima
"Amal sedikit diterima (Allah) lebih baik daripada amal yang banyak namun tidak diterima (karena berbuat riya' dan melakukan amalan bid'ah".
(ashabul muslimin)

6. Hati adalah pokok kehidupan manusia
Rasululullah bersabda "Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati. Maka sebab dari hati yang rusak adalah gemar makan makanan haram dan gemar maksiat tapi enggan bertobat".
(ashabul muslimin)

7. Agama islam adalah nasehat
"Agama (islam) adalah nasehat berupa kabar gembira bagi orang yang beriman yang beramal shalih kelak akan mendapatkan kehidupan bahagia (surga). Dan peringatan bagi orang kafir yang tidak mau beriman dan gemar maksiat yang kelak akan dibalas dengan azab yang amat pedih (neraka)". Maka orang beriman yang tahu bahwa islam adalah nasehat maka tidak akan membantah perintah dan larangan-Nya seperti yang dilakukan para kafirin".
(Ashabul Muslimin)

9. Islam adalah rahmat bagi semesta alam
"Islam adalah agama rahmat (kasih sayang) bagi semesta alam. Islam tidak mengajarkan berbuat bengis dan kejam tapi islam mengajarkan kasih sayang dan tolong menolong. Oleh karena itu kepada binatang sekalipun dilarang menyiksa kepada alam dilarang merusak apalagi kepada sesama manusia . maka berdakwahlah dengan keterbukaan dan tanpa paksaan dan kelembutan dan keindahan akhlaq mulia sebagaimana yang diajarkan baginda rasulullah saw. Dakwah dengan kefanatikan golongan dan kekerasan dan anarkisme hanya akan membuat orang lari dari hidayah".
(ashabul muslimin)

10. Islam adalah agama yang tidak "macam-macam"
"Islam adalah agama yang nyeleneh (tidak neko-neko) akan tetapi bukan juga agama yang tidak punya harga diri. Maka kepada musuh jangan membuat gara-gara dan jika musuh yang menyerang dahulu maka wajiblah islam kita bela mati-matian".
(ashabul muslimin)

11. Lakukan perintah sesuai kemampuan
Rosululloh shollallohu'alaihi wasallam bersabda: " Apa saja yang aku larang bagi kamu hendaklah kamu jauhi, dan apa saja yang aku perintahkan kepadamu maka lakukanlah sesuai kemampuanmu".
Maka sungguh buruk orang yang berlebih-lebihan dalam agama (bersikap ekstrem) dan terlalu sibuk dengan perdebatan agama sementara akhlaq dan perbuatannya kepada saudaranya (sesama muslim) belum dia perbaiki dahulu".
Walaupun dianggap baik namun hakikatnya tercela karena suka memecah belah umat islam. Dan sebaik-baik keadaan dalam hal tersebut adalah sabar dalam perbedaan pendapat".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)
12. Penghambat terkabulnya do'a
"Jika seorang bertanya-tanya mengapa do'anya tidak terkabul-kabul. Maka justru dia sendiri yang harus bertanya pada dirinya sendiri. Karena barangkali dia tidak memperhatikan rejekinya (didapat dari jalan halal atau haram) dan makanannya (makanan haram atau halal)."
(ashabul muslimin)

13. Jangan marah
"Jangan marah, marah akan membakar hati. Karena marah itu dari setan. Setan diciptakan dari api. Setan tempatnya dineraka. Jangan banyak marah jika ingin jauh dari neraka".
(ashabul muslimin)

14. Sifat keraguan
"Jauhilah perbuatan yang sekiranya meragukan meskipun itu kelihatannya benar. Dan bergantilah mengerjakan sesuatu yang jelas kebenarannya. Karena sifat ragu-ragu hanya akan mudah ditipu setan."
(ashabul muslimin)

15. Tinggalkan yang sia-sia
"Tinggalkan segala sesuatu yang tidak berguna dan bergantilah mengerjakan sesuatu yang berguna maka akan lebih tentram hidupmu. Karena sesungguhnya waktu kita didunia ini tidak banyak. Dan nasehat nabi perbuatan seperti itu (meninggalkan hal sia-sia) merupakan tanda baiknya keimanan seseorang"
(ashabul muslimin)

16. Sikap saling menyayangi sebagian dari iman
Rasulullah saw bersabda "Tidaklah sempurna keimanan salah seorang di antara kamu sehingga ia mencintai bagi saudaranya (sesama muslim) segala sesuatu yang dia cintai bagi dirinya sendiri."Oleh karena itu takkan terjadi perpecahan, perselisihan, pertikaian, iri dan dengki, bahkan sampai bunuh membunuh jika sesama muslim lebih mengedepankan sifat kasih sayang terhadap sesama dan menjauhi egoisme".
(Syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

17. Perbuatan kufur
"Termasuk perbuatan kufur bila seorang muslim membunuh saudara tanpa alasan yang bisa dibenarkan, jika mati belum bertaubat niscaya dia masuk neraka.karena hanya 3 hal sebab darah seorang muslim halal (dibunuh) yaitu Murtad, zina tapi sudah menikah, dan membunuh sesama muslim itu sendiri".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

18. Berkata baik atau diam
"Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari pembalasan (kiamat) maka berkatalah baik atau diam karena kebanyakan manusia masuk neraka disebabkan dosa mulutnya. "
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

19.Perintah berbuat baik kepada tetangga
"Barangsipa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya".
"Karena tetangganya adalah saudara (sesama muslim) terdekatnya. Ingatlah kalau kita sedang tertimpa kesusahan maka biasanya tetangga terdekat dulu yang kita minta bantuannya".
" Ingatlah bahagia itu banyak teman bukan banyaknya kemewahan".
"Sungguh buruklah sifat individualisme dan egoisme yang telah merajalela di perkotaan karena walaupun mereka mengaku muslim tapi prilaku tidak mencerminkan sebagai seorang muslim karena dengan tetangga menjauhi dan masa bodoh bila tetangganya tertimpa kesusahan".
(ashabul muslim dari hadit nabi)

20. Hikmah memuliakan tamu
"Barangsiapa beiman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia memuliakan tamunya".Karena Allah akan memberikan berkah yang banyak kepada seseorang melalui perantaraan tamunya".
Barangsiapa memuliakan tamu maka akan dilapangkan rejeki dan umurnya oleh Allah.
Dan juga barangsiapa yang tidak memuliakan tamunya maka Allah akan mempersempit rejeki dan berkah umurnya".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

21. Keutamaan berdzikir saat sendirian
"Berdzikir kepada Allah paling utama adalah pada saat menyendiri. Karena itu janganlah merasa kesepian pada saat sendirian ingatlah Allah selalu bersama anda. Karena justru itu waktu yang paling utama untuk berdzikir kepada-NYa. Dan kau akan menemukan hikmah yang banyak dibalik kesendirian sambil mengingat kekuasaan Tuhan Semesta Alam".
(syair ashabul muslimin dari hadits nabi)

22. Orang yang bangkrut diakhirat
"Orang yang bangkrut bukanlah orang yang dagangnya rugi. Tapi orang yang benar-benar bangkrut adalah seseorang yang telah susah payah beramal banyak namun pahalanya hilang bagaikan debu yang berterbangan karena mulutnya diumbar seenaknya (menyakiti orang lain, nggibah, fitnah dll)".
"karena pahalanya habis digunakan untuk membayar hutang dosa mulutnya. jika pahala tidak mencukupi untuk membayar hutang maka tidak lain akan jatuh keneraka."
(ashabul muslimin)

23. Lekaslah meminta maaf
"Jika kau marah lekaslah meminta maaf. Sebelum marah itu menjelma menjadi api yang membakarmu(dineraka) dan membakar amalmu (karena marah yang dituruti akan membuahkan sifat dendam kesumat yang menghabiskan pahala amal baik dan membuat keruhnya hati)".
"dan pemberian maaf adalah pahala yang besar dan pemutus mata rantai setan (kebencian yang turun temurun)".
(ashabul muslimin)

24.Manusia yang suci adalah..
"Tak ada manusia yang suci dari dosa kecuali mereka yang gemar bertaubat. Karena sebaik-baik orang (yang berbuat salah) adalah yang bertaubat".
"Manusia bukan malaikat. setiap manusia memang sudah kodratnya diciptakan untuk berbuat dosa. oleh karena itu Allah memberikan taubat sebagai solusi terbaiknya".
"Jangan sepelekan dosa kecil. Jika dibiarkan maka akan menumpuk maka jadi dosa besar juga".
(ashabul muslimin)

25. tak ada kata tidak belajar
"Pagi hari suasana sehangat mentari pagi, sore hari suasana sehangat lembayung senja. Maka semangatlah belajar diwaktu kecil (karena kau akan mudah menghafal ilmu) dan tak ada kata malu untuk belajar diwaktu usia dewasa (karena tak ada kata hidup tanpa belajar)".
(ashabul muslimin)

26.Gengsi lawan dari qona'ah
"Gengsi adalah lawan dari qona'ah. Maka barangsiapa menuruti sifat gengsi maka dia akan terkena penyakit ganas yang bisa mematikan hati yaitu cinta dunia dan takut mati".
(ashabul muslimin)

27. Manja lawan dari mandiri
"Manja adalah lawan dari mandiri. Maka barangsiapa menuruti sifat manja karena kehidupannya serba ada maka dia akan menyesal dihari tuanya, karena hidup ini tidak selalu dicukupi kebutuhannya oleh orang yang mengurusinya. akan ada suatu masa dimana kita hidup mandiri dan berganti dari seorang manusia yang diurus menjadi manusia yang mengurus".
(ashabul muslimin)

28. Pendidikan akan berhasil jika...
"Pendidikan tidak akan berhasil bila hanya mengutamakan kepandaian hafalan tetapi tidak memperhatikan pemikiran akal (kemandirian), kesadaran / makrifat (untuk belajar) dan pengamalan (ilmu) yang telah didapatkan".
(ashabul muslimin)

29. Pinter malah keblinger
"Janganlah biarkan dirimu menjadi katak dalam tempurung ".
"Yaitu menjadi orang yang pinter keblinger.
Yaitu orang yang banyak ilmu (hafalan) namun tak tahu bagaimana cara mengamalkan ilmunya.
"Yaitu orang yang hafal banyak ilmu namun malah kebingungan oleh ilmunya sendiri ".
Dan hafalan(ilmu) tidak akan berbuah kebaikan, kecuali disertai dengan pengamalan".
Dan amalan tidak akan sempurna juga tanpa disertai ilmu yang mapan".
(ashabul muslimin)

30. Siapakah alim itu
"Seseorang yang berilmu belum dikatakan alim bila belum mengamalkan ilmu yang dia dapat".
(ashabul muslimin)

41. Ucapan harus sesuai perbuatan
"Belum dikatakan orang berilmu (alim) bila lisan dan perbuatan belum beres".
Namun bisa dikatakan orang alim walaupun tidak banyak ilmu bila lisan dan perbuatan mencerminkan ajaran islam".
Karena ucapan tidak sesuai perbuatan sudah pantas disebut kemunafikan".
(ashabul muslimin)

42. kehormatan dan harga diri
"Kehormatan diri tergantung cara berpenampilan, harga diri tergantung ucapan lisan, dan kemuliaan akan didapat bila penampilan dan perkataan sesuai dengan perbuatan yang baik".
(ashabul muslimin)

43. Beda manusia dan hewan
"Apapun yang keluar dari lubang manusia (lubang mulut, hidung, mata, telinga, kubul, dubur) semuanya kotor tak ada harganya. Kecuali lubang itu mengeluarkan perkataan-perkataan dan perbuatan yang mulia. Karena sebab itulah manusia jadi lebih mulia daripada hewan".
"Lalu apa bedanya manusia dengan hewan karena sama-sama punya mulut, punya mata, punya telinga, punya anus dan punya kemaluan. Oleh karena itulah manusia berbeda dengan hewan karena diberi akal pikiran untuk membedakan mana yang baik mana yang buruk. Manusia yang tidak mau menggunakan akalnya untuk berpikir sebelum berbuat maka sungguh tidak ada ubahnya seperti hewan bahkan lebih rendah lagi ."
(Ashabul muslimin)

44.Lihatlah yang dibicarakan jangan lihat yang bicara
"Kita takkan menjadi baik bila kita hanya sibuk mencari-cari kesalahan oranglain. Tapi kita akan menjadi baik bila kita sibuk mengamati kebaikan orang lain dan meneladaninya. Karena itu jangan melihat siapa yang berbicara tapi lihatlah apa isi (nasehat) yang dibicarakan."
(ashabul muslimin)

45. Godaan setan
"Sebenarnya godaan setan itu lemah. Setan berhasil menggoda manusia karena memanfaatkan kelemahan hati manusia yaitu mudah terpengaruh (bujuk rayu), suka dipuji, panjang angan-angan, dan manja (tidak mau berusaha keras)".
(ashabul muslimin)

46. 5 Penyebab kerasnya hari
"ada lima penyebab kerasnya hati (sehingga sulit menemukan kebenaran) yaitu banyak makan (meskipun halal), banyak tidur, banyak tertawa, banyak bicara yang sia-sia dan banyak menganggur (suka malas-malasan)".
(ashabul muslimin)

47. Mengeluh tanda ketidak ihlasan
"Banyak mengeluh tanda ketidakikhlasan menerima ujian dari Tuhan Semesta Alam. Padahal jika seorang muslim sabar dari ujian Allah akan mengangkat derajatnya. Maka buruklah generasi manja yang suka mengeluh tentang segala sesuatunya. Walaupun sabar tetap saja tak berpahala karena ketidakihlasannya."
(Ashabul muslimin)

48. Marah adalah..
"Marah yang benar adalah tegas. Marah yang salah adalah emosional"
(ashabul muslimin)

49. pura-pura jadi nyata
"jangan suka jadi orang berpura-pura karena kebiasaan pura-pura biasanya akan jadi nyata-nyata". Pura-pura jadi orang baik maka jika diteruskan akan menjadi orang baik pula. Pura-pura jadi orang jahat maka jika diteruskan akan jadi orang jahat pula".
(ashabul muslimin)

50. faktor kesukesan
"Salah menentukan tujuan akan salah juga semua caranya untuk mendapatkan tujuannya. Maka dari itu faktor visi (tujuan) adalah faktor utama keberhasilan sebuah usaha". Dan faktor yang mendukung adalah faktor kesungguhan (pantang menyerah) dan selalu belajar untuk perbaikan".
(Ashabul muslimin)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah