Senin, 21 September 2015

Kumpulan mutiara nasehat islam (bag. 3)

101. Pengejar dunia
"Manusia yang ambisi dunia rela mengorbankan apa saja demi dunia bahkan agamanya, akan tetapi dunia itu semakin dikejar semakin menyulitkan pendambanya sampai lupa bahwa dia akan kembali kepada-Nya, lagipula hanya kesenangan sementara lagi semu justru derita yang didapat dan rugi diakhirat"
(Ashabul_Muslimin)

102. Semakin dikejar semakin menjauh
"janganlah kau mengejar dan mengharapkan balasan kesenanangan didunia karena semakin dikejar semakin menjauhkankanmu dari bahagia dan tak ada sekecil manfaatpun kamu berlomba-lomba mencari kehidupan didunia melainkan kesengsaraan diakhirat"(Ashabul_Muslimin)

103.perkataan harus sesuai perbuatan
"Perbaiki sikap sebelum berbicara, banyak bicara banyak dosa, diancam neraka"
(Ashabul_Muslimin)

104. Bicara manfaat
"Lebih baik sekikit bicara tapi bermanfaat, daripada banyak bicara hanya sia-sia".
"Karena banyak bicara banyak salahnya, banyak salahnya banyak dosanya".
(Ashabul_Muslimin)

105. Manja
"Orang yang selalu memanjakan dirinya (tidak mau berusaha keras) hanya akan memperlemah kekuatan fisik dan kekuatan pikirannya"
(Ashabul_muslimin)

106. Riya
"Riya memakan amal seseorang seperti api memakan daun kering , tapi orang yang riya' tadi tidak merasa kalau semua amalnya hilang karena ulah lidahnya sendiri (suka membeberkan kepada orang lain)"(Ashabul_muslimin)

107. Kesombongan
"Kesombongan menghancurkan amal, dijauhi orang, melemahkan akal pikiran, menimbulkan penyakit hati lain Dan dosa paling besar kepada Allah SWT" (Ashabul_muslimin)

108. kesombongan
"Tak ada tempat berpijak dilangit dan dibumi (sangat dibenci Allah SWT) bagi orang sombong (bangga dengan kelebihannya)"(Ashabul_Muslimin )

109. berlomba-lomba mengumpulkan harta
"Mengumpulkan harta benda dunia adalah seperti meminum air laut (air asin) semakin diminum semakin haus (semakin berusaha semakin kurang ) dan tak ada rasa segar sedikitpun (tak ada rasa bahagia sedikitpun) dan sifat rakus akan mengendalikannya, akhirnya kerugian kekal yang didapat, inilah permainan dunia, semakin kita bermain (berlomba-lomba dalam kemegahan dunia) semakin kita dipermainkan hingga lupa tujuan"
(Ashabul_muslimin)

110. Penderitaan
"Penderitaan (kesulitan hidup didunia) akan membuatmu sadar akan kehidupan, lebih dewasa, timbul rasa kepedulian, dan memperluas jalan pikiran , maka janganlah kamu takut penderitaan dunia karena hanya sementara, dan penderitaan akhirat itu kekal, sebagai balasan bagi manusia yang hanya mementingkan kesenangan sesaat dan melupakan akhirat"(Ashabul_muslimin)
111. Siapakah yang kuat
"Manusia yang kuat adalah manusia yang bisa mengalahkan keinginannnya (mengalahkan godaaan) dari kesenangan dunia kepada wanita, harta, anaknya, perhiasannya dan lainnya (hidup sederhana tidak silau dengan dunia) demi tercapainya keinginannya bertemu Tuhannya (diakhirat) "(Ashabul_Muslimin)

112. Ilmu tanpa amal
"Ilmu itu diperoleh dari pengalaman dan menuntut pengamalan, Ilmu banyak tanpa pengamalan seperti memasukkan sesuatu kekeranjang yang berlubang (tidak berarti apapun), dan merupakan hal yang amat sia-sia"(Ashabul_Muslimin)

113. Tak usah berbangga diri
"tak usah berbangga dengan kelebihanmu dan ilmumu, karena sebesar apapun kelebihanmu takkan mampu menciptakan makhluk kecil seekor nyamukpun"(ashabul_muslimin)

114. Hakikat pandai
"Jika anda ingin melihat kepandaian sesorang maka jangan lihat hafalan ilmunya yang banyak. Tapi kepandaian seseorang yang sejati adalah nampak dari caranya mengamalkan ilmunya. Karena tak ada amal (diterima) tanpa ilmu dan tak ada ilmu (bermanfaat) tanpa amal". (ashabul MUslimin)

115. keimanan dan kekayaan
"Cukuplah Keimanan sebagai kekayaan paling banyak dan cukuplah kematian dan hari kiamat sebagai Penasehat paling baik".(Ashabul Muslimin dari hadits nabi)

116. Tawakal
"Tak ada perubahan tanpa tawakal tak ada kepandaian tanpa belajar" (ashabul muslimin)

117. Ciri munafiq
"Waspadai ciri kemunafikan. yaitu bersikap baik dihadapan orang dan bersikap buruk dibelakang orang, Karena mengerjakan amal bukan untuk mendapatkan pahala tapi beramal untuk dipuji manusia".(Ashabul Muslimin)

118. Ibadah terbaik
"Ibadah yang terbaik adalah menjaga mulut dan menjaga kemaluan. Karena nabi telah mengatakan kebanyakan manusia terjerumus keneraka adalah ulah mulut dan kemaluannya".(Ashabul Muslimin dari hadits)

119. Nasehati dirimu sebelum...
"Nasehatilah dirimu sebelum nasehat tidak berguna lagi bagimu (yaitu setelah datangnya kematian)" (ashabul muslimin)

120. Yang terbaik
"Kekayaan yang terbanyak adalah syukur, usaha paling berhasil adalah sabar, kebahagiaan paling banyak adalah Qona'ah (menerima apa adanya karunia-Nya) "(Ashabul Muslimin)
121. Pinter kok keblinger

"Jangan mencari ilmu yang lain sebelum menjiwai (paham dengan sungguh-sungguh) ilmu yang baru saja dipelajari". Karena kebanyakan ilmu tapi tidak paham hanyalah menjadikan pinter tapi keblinger ". (ashabul muslimin)

122. Mengidolakan manusia karena topengnya

"orang yang mengidolakan manusia karena rupanya, hartanya karena kedudukannya maka seakan-akan dia merelakan mukanya diinjak-injak oleh orang yang diidolakan, tapi mengidolakan manusia karena akhlaqnya dan agamanya yang lurus maka dia sedang belajar ilmu hikmah (keteladanan)" (syair ashabul muslimin)

123. Fasiq dan kufur

"Seorang sudah bisa dikatakan sebagai seorang yang fasiq jika mulutnya rajin mengumpat dan secara dhohirnya tidak sesuai dengan batin. dan sudah bisa dikatakan kufur jika menyakiti sesama muslim (bahkan sampai membunuh) dan kufur adalah menolak syari'at islam meskipun mengaku islam dan kafir adalah mengingkari islam secara keseluruhan" (ashabul muslimin)

124. Ilmu tak sekedar menghafal

"ilmu bukan sekedar hafalan tapi lebih utama pengamalan. Lalu apa bedanya otak manusia dengan memori komputer (hardisk atau flash disk) jika ilmu cuman sekedar hafalan (disimpan)".
"padahal otak komputer sekarang justru jauh lebih hebat daripada otak manusia dari segi penyimpanan data".

(ashabul muslimin)

125. Serasi tak harus sama

"Serasi tak harus sama, Justru karena perbedaan segala sesuatu jadi serasi dan harmoni, Seperti layaknya permainan musik. coba bayangkan bila nada semua intrument music sama semua iramanya , pasti tak akan dibilang sebuah "seni". Begitu pula dengan pria dan wanita semua sudah ada kodratnya masing-masing. Akan serasi bila tugas dan kewajiban sesuai gender. bila "menyetarakan" gender dengan dalih "emansipasi" justru itu perbuatan yang akan menyulitkan dan mengacaukan keserasian hidup, dan anda mungkin akan melihat sesuatu yang serba terbalik" (ashabul muslimin)

126. jangan mencela

"Menejelek-njelekan sesama muslim sama saja menjelek-njelekan diri sendiri. maka jika anda merasa lebih pandai dan lebih baik janganlah mengumbar mulut dengan merendahkan orang lain. secara tidak sadar anda telah menyombongkan diri karena merasa lebih baik daripada yang lain, sayang sekali walaupun jikalau memang anda termasuk benar namun disertai kesombongan hal itu pasti lebih buruk akibatnya. Maka bukankah sudah dikatakan oleh rasulullah " takan masuk surga orang sombong meskipun sebesar biji sawi". silahkan anda punya ilmu setinggi langit tapi jangan lupa kalau anda akan kembali ketanah (mati)" (ashabul muslimin)

127. melihat orang lain ...

"Melihat orang lain terkena akibat daripada perbuatannya jangan anda menertawakan, justru anda harus bersedih karena barangkali hal itu bisa menimpa kita sendiri. karena Allah tidak senang kepada orang yang menertawakan kesusahan orang lain."(ashabul muslimin)

128. Kunci surga adaah..

"Kunci surga adalah tauhid. Kunci Tauhid adalah tercantum dalam surat al-Ikhlas (ajaran meng-Esakan Allah SWT)".(ashabul muslimin)



129. Islam itu mudah namun jangan menganggap sepele

"Islam ini agama yang mudah. Akan mempersulit orang yang berlebihan dan orang yang menyepelekan"(ashabul muslimin)

130. Sedekah satu berbanding ilmu seribu

"sedekah satu lebih utama daripada ilmu seribu. Karena sedekah akan berbuah pahala dan bahkan semakin berlipat banyak (sedekah jariyah). sedangkan ilmu tidak berpahala kecuali diamalkan dan diajarkan kepada orang lain"

"Sedekah tak harus dengan harta karena nasehat yang baik itu juga sedekah"

(ashabul muslimin)
131. Ridha Allah tergantung ridha kedua orang tua
"Ridho Allah tergantung kepada keridhaan kedua orang tuanya dan murka Allah juga diakibatkan kemurkaan orang tuanya."
Maka walaupun punya amal shalih setinggi langit namun dengan orang tua tidak baik / durhaka jangan berharap masuk surga, dan tidak jarang orang yang amal shalihnya pas-pasan bisa masuk surga sebab ridho orang tua karena semasa hidupnya berbakti kepada keduanya".
(ashabul muslimin)

132. 5 hal yang membuat keluarga sakinah dan bahagia
Rasulullah memberi wasiat "Ada 5 hal yang membuat keluarga bahagia, InsyaAllah yaitu : keluarga yang senang mempelajari ilmu- ilmu agama, yang muda-muda menghormati yang tua-tua, harmonis dalam kehidupan, hemat dan hidup sederhana, menyadari cacat-cacat (kekurangan) mereka dan segera meminta maaf dan melakukan taubat."
(Hadit Rasulullah riwayat Ad-dailamy)

133. Buku adalah peradaban
"Buku adalah peradaban dunia karena Buku adalah gudang pengetahuan. tanpa pengetahuan manusia tak punya peradaban. Tetapi banyak orang sekarang ini meremehkan budaya membaca, padahal dalam al-Qur'an sendiri pertama diturunkan adalah perintah untuk belajar dan membaca. Inilah awal runtuhnya sebuah peradaban manusia jika sudah terlalu banyak orang mengabaikan buku dan memilih menghabiskan waktunya untuk hal yang main-main dan sia-sia".
(Ashabul Muslimin)

134. Bencilah dengan sewajarnya
"Jika anda benci seseorang bencilah dengan sewajarnya janganlah menyimpan dendam, karena memang sifat cinta dan benci tidak bisa dihilangkan dari fitrah manusia. hidup penuh dengan kebencian hanya akan menambah racun dalam hati yang akan membuat hidup terasa sempit. bersabar itu lebih baik dan lebih melatih kedewasaan dan tentunya mendapatkan pahala yang besar dari Tuhan Semesta Alam".
(Ashabul Muslimin)

135. Cintailah sewajarnya
"jika anda mencintai seseorang cintailah sewajarnya jangan berlebihan karena hanya akan membuat hati anda tertawan, buta mata, buta hati dan hilang akal sehat. apalagi cinta sesuatu yang melebihi cinta kepada Allah hal itu merupakan sebagian dari syirik. Karena kalau sudah cinta berlebihan (cinta buta) maka mana yang benar dan mana yang salah sudah takbisa lagi membedakan karena hatinya sudah tertawan setan"
(ashabul muslimin)

136. Bumi adalah ibu dari jasad manusia
"Bumi ini adalah seperti ibu bagi jasad manusia karena setiap manusia diciptakan dari tanah dan akan kembali pula kedalam tanah, imam malik pernah berkata tentang 10 hal yang diwasiatkan oleh bumi yang harus kita ingat selama hidup didunia yaitu ....
1. 'wahai anak cucu adam, kamu berjalan di atasku, ingatlah tempat kembalimu di dalam perutku'.
2. 'kamu melakukan maksiat dan dosa-dosa di atasku, ingatlah kamu akan diseksa dalam perutku'.
3. 'kamu banyak bersendau gurau di atasku, ingatlah kamu banyak akan menangis dalam perutku'.
4. 'kamu memakan barang haram di atasku, ingatlah cacing akan memakan kamu di dalam perutku'.
5. 'kamu bergembira di atasku, ingatlah kamu akan merasa susah dalam perutku'.
6. 'kamu menggunakan barang-barang haram di atasku, ingatlah kamu akan hancur dalam perutku'.
7. 'kamu bersikap sombong di atasku, ingatlah kamu akan menjadi hina dina dalam perutku'.
8. 'kamu berjalan dengan bersukaria di atasku, ingatlah kamu akan merasa kesedihan dalam perutku'.
9. 'kamu berjalan diterangi cahaya di atasku, ingatlah kamu akan kegelapan di dalam perutku'.
10.'kamu berada dalam keramaian (bersama orang-orang) di atasku, ingatlah kamu akan duduk bersendirian dalam perutku'.
(Ashabul Muslimin dikutip dari atsar imam malik)

137. Panggilan dari kubur
"Ketahuilah, setiap hari kubur akan memanggil manusia sebanyak 5 kali:
1. 'Aku adalah rumah yang sunyi dan keseorangan. Bagi memeriahkannya hendaklah kamu membaca Al-Quran'.
2. 'Aku adalah rumah yang gelap gelita. Terangilah aku dengan sembahyang malam'.
3. 'Aku adalah rumah yang dipenuhi dengan habuk dan debu. Hendaklah kamu membawa bekal taqwa dan amal-amal soleh'.
4. 'Aku adalah rumah yang dipenuhi ular. Bawalah pendinding yaitu bacaan "Bismillahirrahmanirrahim" hingga mencucurkan air mata'.
5. 'Aku adalah rumah pertanyaan Mungkar Nakir. Perbanyakkanlah membaca 'Laa ilaaha illallah, Muhammadur Rasulullah' agar kamu dapat memberi jawapan kepadanya'.
Rasulullah bersabda: 'Sesungguhnya alam kubur itu adalah tahap pertama untuk alam akhirat'.(Hadits Riwayat Tirmidzi, Malik dan Hakim)

138. Kematian pasti datang
"Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan".
(Q.s Al-Jumu'ah ayat 8)

139. Bersihkan hati dan jiwa
"Bersihkan hatimu dengan memperbanyak istighfar, bersihkan jiwamu dengan berdzikir dan selalu mengingat mati, karena setiap jiwa yang kotor (dengan dosa) tidak pantas menemui Allah Ta'ala". (Ashabul Muslimin)

140. Kesempurnaan
"Kesempurnaan yang paling sempurna adalah tafakkuh (mendalami) agama, sabar menghadapi musibah dan ekonomis (hemat dan perhitungan) dalam mengeluarkan segala kebutuhan hidup".
(Nasehat Imam Baqir)
141. Jangan merasa aman dari makar Allah
"Menunda-nunda taubat adalah semacam menipu diri sendiri, Selalu berjanji yang tidak pernah ditepati adalah semacam kebingungan (bathin), Mencari-cari alasan (untuk menolak hukum syari'at) dihadapan Allah adalah kehancuran, dan melakukan maksiat terus-menerus adalah merasa aman dari makar-Nya. "Maka tidak akan merasa aman dari makar Allah kecuali kaum yang fasik".(Nasehat Imam Jawad)

142. jangan membenarkan seluruh ucapan manusia
"Barang siapa yang mendengarkan kepada seorang pembicara (dan seraya mengikuti semua ucapannya) sesungguhnya ia telah menyembahnya (karena telah dianggap membenarkan semua ucapan manusia padahal manusia pasti banyak kesalahannya). Jika pembicara tersebut berasal dari Allah ( yaitu seperti rasulullah, para sahabatnya, alim ulama dan nasehat yang baik yang sesuai dengan ajaran islam), maka ia telah menyembah Allah, Tetapi jika pembicara tersebut berbicara atas nama Iblis (yang mengajak-ajak kepada kemungkaran), maka ia telah menyembah Iblis tersebut"
(Nasehat Imam Jawad)

143. Anugrah dari Allah
"Jiwa dan seluruh harta kita adalah anugerah Allah yang sangat berharga dan pinjaman dari-Nya yang telah dititipkan (kepada kita). Segala yang dianugerahkan kepada kita adalah pembawa kebahagiaan dan kesenangan, dan segala yang diambilnya (dari kita), pahalanya akan tersimpan. Barang siapa yang kemarahannya mengalahkan kesabarannya, (atau sifat pamernya mengalahkan keihlasannya) maka pahalanya telah sirna. Dan kami berlindung kepada Allah dari hal itu"
(Nasehat Imam Jawad)

144. Kebenaran adalah petunjuk dari Allah
"Ambilah nasehat yang baik dari orang lain walaupun orang itu tidak mengamalkannya. Karena sesungguhnya kebenaran itu petunjuk dari Allah meskipun keluar dari sesuatu yang paling kotor sekalipun"
(Ashabul Muslimin)

145. Mengontrol diri sendiri
"Kuwasiatkan lima hal kepadamu jika diamalakan maka hidupmu akan menjadi tenang :
1. jika engkau dizalimi, jangan (membalas) berbuat zalim,
2. jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau (membalas) berkhianat,
3. jika engkau dianggap pembohong, janganlah lekas marah,
4. jika engkau dipuji, janganlah gembira, dan
5. jika engkau dicela, kontrollah dirimu (jangan balas mencela)
(Nasehat Imam Baqir)

146. seorang bersama dengan yang dicintai
"Nabi pernah bersabda orang akan ikut serta dengan yang dicintainya pada hari kiamat. jika yang dicintainya ahli surga maka dia akan ikut kesurga jika yang dicintainya masuk neraka maka sesungguhnya akan ikut juga keneraka. maka sebaik-baik cinta adalah kepada rasulullah (sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah). Karena beliau sudah dijamin oleh Allah pasti masuk surga".
(ashabul muslimin dari hadits nabi)

147. Merasakan keutamaan ilmu
"Seseorang takkan bisa merasakan manfaat (keutamaan) dari ilmu yang dia pelajari sebelum diamalkan apa yang dipelajari".(Ashabul muslimin)

148. 11 kunci
"Menurut Imam Ibnu Qoyyim kehidupan ini mempunyai 11 kunci yaitu ;
1. kunci shalat adalah kesucian
2. kunci ibadah haji adalah ihram
3. kunci kebaikan adalah kejujuran
4. kunci surga adalah tauhid
5. kunci ilmu adalah bertanya dan menyimak dengan baik
6. kunci pertolongan adalah sabar
7. kunci bertambahnya rejeki adalah syukur
8. kunci di-ijabahnya permintaan adalah doa
9. kunci kemuliaan adalah taat kepada Allah dan RasulNya
10. kunci semua kebaikan adalah mencintai Allah dan mendahulukan kampung akhirat
11. kunci kejelekan adalah cinta dunia dan panjang angan-angan (ambisi berharta sebanyak-banyaknya dan berkuasa setinggi-tingginya diatas dunia)
(dikutip dari kitab khadil Arwah karya Ibnu Qoyim)

149. waspada kepada 3 orang
"Waspadalah terhadap tiga orang: pengkhianat, pelaku zalim, dan pengadu domba. Sebab, seorang yang berkhianat demi dirimu, ia akan berkhianat terhadapmu dan seorang yang berbuat zalim demi dirimu, ia akan berbuat zalim terhadapmu. Juga seorang yang mengadu domba demi dirimu, ia pun akan melakukan hal yang sama terhadapmu."
(Nasehat Imam Ja'far)

150. 3 sikap sumber kebaikan
"Tiga manusia adalah sumber kebaikan: manusia yang mengutamakan diam (tidak banyak bicara), manusia yang tidak melakukan ancaman, dan manusia yang banyak berzikir kepada Allah."(Nasehat Imam Ja'far)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah