Senin, 21 September 2015

Kumpulan mutiara nasehat islam (bag. 7 )

301. keihlasan bersedekah

jangan melihat besar kecil pemberian tapi lihatlah keihlasan hati, karena semakin ikhlas semakin besar pula berkah dari pemberian.
"Karena pemberian yang disertai ketidakikhlasan sebesar apapun hanya akan menimbulkan celaka".
(ashabul muslimin)

302. Syukur
tak ada kata gagal bagi orang yang syukur, tak ada kata berhasil bagi orang kufur
(ashabul muslimin)

303. Diam adalah kebijaksanaan
"diamnya orang bijak lebih baik daripada bicaranya orang berilmu."
(ashabul muslimin)

304. istiqomah
"hal yang kecil jika istiqomah dikerjakan maka akan menjadi hal yang besar, oleh karena itu janganlah kita menyepelekan segala sesuatu sekecil apapun"
(ashabul muslimin)

305. jangan merisaukan dunia
"Seorang mukmin hidup di dunia seperti orang asing (ghorib), tidak risau karena kehinaan (dunia), tidak berlomba-lomba mengejar kemuliaannya. Manusia selalu punya keadaan dan ia akan terus punya keadaan. Manusia yang merasa nyaman dengan dunia maka dia akan selalu keletihan dan kelelahan."
(Nasehat Imam Hasan)

306. Sifat Ghuroba'
Diantara sifat-sifat orang-orang yang asing ini (Al Ghuroba') yaitu orang-orang yang dipuji oleh Nabi shollallahu 'alaihi wa sallama adalah, Berpegang teguh dengan sunnah apabila manusia meninggalkannya, Meninggalkan bid'ah-bid'ah yang diperbuat manusia sekalipun itu mereka anggap baik, Memurnikan tauhid sekalipun ia diingkari oleh kebanyakan manusia.

"Tidak menisbatkan diri kepada siapapun selain kepada Allah dan Rasul-Nya shollallahu 'alaihi wa sallama, tidak kepada syaikh, thoriqoh, mazhab, atau kelompok tertentu. Akan tetapi mereka menisbatkan diri kepada Allah dengan menghambakan diri hanya kepadaNya semata dan hanya mengikuti apa yang dibawa oleh Rasul-Nya. Mereka inilah orang-orang yang menggenggam bara api sebenarnya dan kebanyakan manusia bahkan seluruhnya mencela mereka".
(Nasehat Imam Ibnul Qoyyim)

307. Nasehat penuh hikmah dari Nabi Muhammad saw
" Belajarlah sebelum ilmu diangkat, sesungguhnya lenyapnya ilmu adalah dengan kepergian para ulama."
" Kalau bukan karena tiga perkara niscaya baik keadaan manusia, yaitu; orang pelit yang dita'ati, hawa nafsu yang diikuti, dan kekaguman seseorang pada diri sendiri. "
"barangsiapa yang dianugerahi hati yang bersyukur, lisan yang berzikir, dan istri yang beriman, maka itu adalah sebaik-baik kenikmatan yang diberikan kepadanya, dan dia tidak akan ketinggalkan kebaikan sedikitpun."
" Barangsiapa yang banyak berdo'a diwaktu lapang dikabulkan do'anya diwaktu sempit, barangsiapa yang sering mengetuk pintu (mengharapkan hidayah), niscaya dibukakan untuknya"
(Nasehat Rasulullah SAW dari Abu darda)

308. Tanda hari akhir
"Diantara tanda kiamat adalah tercabutnya ilmu agama dari muka bumi, yaitu dengan cara Allah memafatkan para ulama, sehingga tinggalah pemimpin-pemimpin yang bodoh yang memberi fatwa sesat dan menyesatkan, dan berakibat keadaan umat islam selalu terhinakan dan ditindas meskipun jumlahnya banyak tetapi tak ubahnya buih, yaitu banyak tetapi tak punya kekuatan sedikitpun untuk melawan musuh yang sedikit".
(Ashabul Muslimin dari hadits nabi)

309. Selamatkan dirimu dari rusaknya peradaban
"Selamatkan dirimu dan keimananmu dari fitnah yang terjadi diakhir zaman yaitu dengan cara lari kegunung-gunung atau lembah-lembah yang aman dari fitnah kekacauan yang biasanya telah merajalela dilingkungan peradaban perkotaan".

"Tidak mengharuskan lari dari perkotaan tetapi dengan cara tidak mengikuti perilaku dan budaya kebanyakan orang kota. Atau asingkan dirimu ditengah keramaian manusia dengan cara gemar melakukan amal shalih ditengah maraknya kemaksiatan".
(ashabul muslimin)

310. Jangan dicampur aduk
"Dan janganlah mencampuradukan urusan yang batil dengan haq. ibarat susu dicampur racun maka susu itu tak dapat diminum karena beracun begitu juga dengan syari'at islam".
(ashabul muslimin)
311. Sifat baik sangka

"Sesungguhnya kekalahan adalah berasal dari ketakutan dalam diri. Seseorang takan mampu mengalahkan musuhnya sebelum dia mengalahkan musuh dari dalam diri. Bagaimana mungkin kita akan menang sementara sebelum kita bertanding kita telah dikalahkan oleh diri sendiri yang tentu saja lebih sulit daripada musuh dari luar diri".

"Oleh karena itu sifat optimis sangat dianjurkan oleh ajaran islam, karena sifat ini merupakan sifat yang dapat memotivasi diri untuk mengalahkan sifat pengecut".
(ashabul muslimin)

312. Nasehat yang bijak adalah...

"Nasehatilah dengan lembut karena hati manusia itu lunak jika sering menasehati dengan kasar maka hati manusia akan keras bahkan lebih keras daripada batu".
"Seperti kucing yang dimanja pasti jinak sedangkan kucing yang digertak pasti lari".

(ashabul muslimin)

313. Sebab kebodohan

"kebodohan murid bukan semuanya kesalahan murid tapi ketidaksabaran guru adalah penyebab terbesarnya".
(ashabul muslimin)

314. Lingkungan pendidikan mempengaruhi karakter

"orang yang dididik dalam lingkungan serba dimanja kehiduannya,serba dituruti keinginannya dan serba diiyakan kemauannya maka dia akan jadi orang keras kepala, angkuh, egois, dan kufur nikmat".

(ashabul muslimin)

315. Berawal dari mata

"Segalanya berawal dari pandangan mata, kemudian turun kepada hati, jika hati membenarkannya maka akan diproses ke otak kemudian berbuah perbuatan. Memang tak sepantasnya seorang mukmin mengumbar pandangan yang diharamkan karena perbuatan maksiat berawal dari melihat kemudian meniru. Apalagi yang hatinya rusak pasti mudah terpengaruh.

Dan rasulullah saw bahkan pernah berkata "pandangan mata adalah salah satu anak panah beracun di antara anak panah Iblis".

(ashabul muslimin)

316. Syirik adalah dosa paling besar

"Hati-hatilah dengan dosa syirik sekecil apapun karena Allah berfirman ;

'Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya'."

(Surat an-Nisaa': 48)

'Sesungguhnya syirik itu adalah benar-benar kezaliman yang besar.'

( Surat Luqman: 13)

(Nasehat Dari Qur'an)

317. Damaikan saudaramu yang bertengkar

"Apabila Dua Golongan Kaum Mukminin Saling Berperang, Maka Damaikanlah Antara Keduanya Itu" (surat al-Hujuraat : 9),

Dan karena Mereka Itu Tetap Dinamakan Kaum Mukminin.

(hadits Rasulullah)

318. Janganlah mempersulit diri

"Sesungguhnya agama ini mudah, dan tidak akan seseorang memberat-beratkan diri dalam beragama melainkan akan mengalahkannya (membinasakannya). Maka, berlaku luruslah, berlaku sedanglah, bergembiralah, dan mintalah pertolongan pada waktu pagi, sore, dan sedikit pada akhir malam."

(hadits Rasulullah)

319. Balasan kebaikan dan keburukan

"Rasulullah saw bersabda, Apabila seseorang di antara kamu memperbaiki keislamannya, maka setiap kebaikan yang dilakukannya ditulis untuknya sepuluh kebaikan yang seperti itu hingga tujuh ratus kali lipat. Dan setiap kejelekan yang dilakukannya ditulis untuknya balasan yang sepadan dengan kejelekan itu."

(ashabul muslimin)

320. Istiqomah adalah ibadah terbaik

"Lakukanlah [amalan] menurut kemampuanmu. Karena demi Allah, karena sesungguhnya Allah tidak merasa bosan sehingga kamu sendiri yang bosan. Amalan agama yang paling disukai-Nya ialah apa yang dilakukan oleh pelakunya secara kontinu (terus menerus / berkesinambungan)."

(hadits rasulullah)
321. Pahala mengiring jenazah muslim

"Barangsiapa yang mengiringkan jenazah orang Islam karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, dan ia bersamanya sehingga jenazah itu dishalati dan selesai dikuburkan, maka ia kembali mendapat pahala dua qirath yang masing-masing qirath seperti Gunung Uhud. Barangsiapa yang menyalatinya kemudian ia kembali sebelum dikuburkan, maka ia kembali dengan (pahala) satu qirath."

(hadits rasulullah)

322. Takutlah kepada kemunafikan

'Tiada seorang pun yang takut akan hal itu (yakni kemunafikan) melainkan ia adalah orang mukmin yang sebenar-benarnya dan tiada seorang pun yang merasa aman akan hal itu melainkan ia pasti seorang yang munafik."

(hadits rasulullah)

323. Fasik dan kafir

"Mencaci maki orang muslim adalah fasik dan memeranginya adalah kafir."

(hadits rasulullah)

324. agama yang diridhoi-Nya hanya Islam

"Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak akan diterima agama itu daripadanya. "

(Ali Imran : 85)

325. Tanah larangan dan segumpal daging
Ketahuilah bahwa setiap raja mempunyai tanah larangan, dan ketahuilah sesungguhnya tanah larangan Allah adalah hal-hal yang diharamkan-Nya (dan dalam satu riwayat: kemaksiatan-kemaksiatan itu adalah tanah larangan Allah).
Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah hati."

(Hadits Rasulullah)

326. keputusan dengan pertimbangan

"Mengambil keputusan dengan pertimbangan (berpikir lebih dari dua kali sebelum memutuskan masalah) adalah menggunakan akal sehat. Sedangkan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa adalah menggunakan hawa nafsu. Dan sesungguhnya tergesa-gesa adalah sifat syaiton."

(ashabul muslimin)

327. Allah mengangkat derajat orang berilmu

"Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan"

(al-Mujaadilah: 11)

328. Bahaya menyiakan amanat

"'Apabila amanat itu telah disia-siakan, maka nantikanlah kiamat.' sahabat berkata, 'Bagaimana menyia-nyiakannya?' Beliau bersabda, 'Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada selain ahlinya, maka nantikanlah kiamat"

(Hadits Rasulullah)

329. 3 orang

"Maukah saya beritakan tentang tiga orang. Yaitu, salah seorang di antara mereka berlindung kepada Allah, maka Allah melindunginya; yang seorang lagi malu, maka Allah malu terhadapnya; dan yang lain lagi berpaling, maka Allah berpaling darinya."

(hadits rasulullah)

330. Golongan robbani

Ibnu Abbas berkata, "Jadilah kamu semua itu golongan Rabbani, yaitu (golongan yang) penuh kesabaran serta pandai dalam ilmu fiqih (yakni ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan hukum hukum agama), dan mengerti atau memahami."

Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud "Rabbani"' ialah orang yang mendidik manusia dengan mengajarkan ilmu pengetahuan yang kecil-kecil sebelum memberikan ilmu pengetahuan yang besar-besar (yang sukar).

(Nasehat Sahabat Nabi saw)
331. kehebatan sabar
Kesungguhan disertai kesabaran berbuah kesuksesan, ilmu disertai kesabaran berbuah keahlian, ujian disertai kesabaran berbuah keberhasilan, ibadah disertai kesabaran berbuah keihlasan, penderitaan disertai kesabaran akan berbuah rasa syukur, dan syukur adalah kunci kebahagiaan dunia dan akhirat.
(Ashabul Muslimin)
332. Sifat paling jelek
Tak ada sifat lebih jelek daripada sifat sombong, egois dan pemarah. Karena sifat ini akan merendahkan dirinya dihadapan Allah dan merusak hubungan kepada sesama makhluk.
(ashabul muslimin)

323. Jangan lupa diri
"Manusia yang lupa diri sama saja manusia yang kehilangan jati diri. Jadilah diri sendiri, bukan seorang pengekor yang hanya bisa meniru dibelakang orang lain. Yaitu manusia yang tidak terpengaruh orang lain, tidak lupa diri ketika mendapatkan karunia kesenangan maupun mendapatkan ujian. Dan mampu menjadi seorang yang bisa memimpin diri sendiri dan orang sekitarnya untuk kehidupan yang lebih baik. "
(ashabul muslimin)
324.Perbedaan adalah kekuatan besar
"Manusia satu dengan yang lainya jarang ada yang sama kepribadian (karakter) nya. Keragaman kepribadian manusia bisa menjadi sebuah kekuatan besar bila ada seorang pemimpin yang mau mengarahkan kedalam kemaslahatan. Sebuah kelompok yang mempunyai anggota sama kepribadiannya justru itu adalah sebuah team yang rapuh dan mudah digoyahkan oleh suatu kondisi sehingga berpecah belah. Karena kesamaan karakter mudah sekali terjadi konflik yang kadang panjang urusannya. Karena ibarat "batu dengan batu jika bertumbukan maka akan pecah, batu dengan air bertumbukan maka batu itu akan selamat masuk kedalam air".
(ashabul muslimin)
325.Hiduplah dengan kreasi
"Hiduplah dengan penuh kreasi. Karena gajah mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan ilmu. Dengan begitu kita akan terus hidup bersama ilmu itu meskipun kita telah mati
326. Ikhlas beramal
"Jadilah Matahari yang selalu menyinari bumi dan jadilah langit yang selalu menaungi meskipun tak seorangpun memandangi. Jadilah manusia yang berguna bagi sesama meskipun kita tidak dianggap oleh banyak orang. Karena segala perbuatan pasti ada balasan."

327. Akal dan agama
"Otak adalah memori manusia, Hati adalah Filter pikiran baik dan buruk manusia, hawa nafsu adalah naluri hewani manusia, akal pikiran adalah nalar manusia hasil kerja sama otak dan hati, Ilmu agama akan membuat hati lebih jernih dan otak lebih cemerlang berpikir, sehingga akan mengalahkan hawa nafsu dengan mudah. Akal tanpa bimbingan ilmu agama adalah akal yang lumpuh. Karena akal yang demikian adalah akal yang tidak berpengalaman dan bodoh."Akal yang selalu digunakan memikirkan ilmu agama akan semakin bijak dan mampu membimbing pemiliknya kejalan yang lebih baik".
(Ashabul Muslimin)
328. 4 hal yang wajib diberikan kepada anak
Umar bin Khattab pernah berkata : berikanlah 4 hal kepada anak-anakmu agar dia tidak mendurhakaimu :
1. Nama yang baik
2. Ibu yang sholehah
3. Lingkungan yang baik
4. Makanan Yang halal.
(Umar Bin Khotob ra.)

329. Keserakahan manusia

Kekayaan dunia ini cukup untuk memenuhi kebutuhan semua penghuninya. Akan tetapi, dunia ini akan menjadi sempit dan terlalu sedikit, bahkan tidak cukup, untuk memuaskan hanya keserakahan seorang manusia saja."
(Umar Bin Khotob ra.)

340. Kebahagiaan penguasa ditentukan rakyatnya
Sesungguhnya kebahagiaan seorang penguasa ditentukan oleh kebahagiaan rakyatnya, dan celakanya seorang penguasa ialah karena mence-lakakan rakyatnya. Ketahuilah sesungguhnya apa yang engkau perbuat akan ditiru oleh pegawai-pegawaimu. Engkau seumpama seekor hewan yang melihat padang rumput lalu memakan rumput tersebut sampai sekenyang-kenyangnya hingga dia menjadi gemuk. Kegemukannya itu akan menjadikannya binasa, karena dia disembelih dan dagingnya dimakan".
(Umar Bin Khotob ra.)

341.Amanah besar seorang pemimpin
"Seorang yang menjadi penguasa atas rakyat muslim lalu mati dalam keadaan selalu menipu mereka, maka orang itu diharamkan oleh Allah masuk ke dalam surga"
"Seseorang yang ditetapkan Allah sebagai penguasa yang meng-urus kepentingan rakyat lalu dia tidak memberikan nasihat (untuk bertaqwa) kepada mereka, maka orang itu tidak akan mencium harumnya surga"
(HR. Bukhari)

342. Tanggung jawab pemimpin
"Penguasa itu laksana penggembala, dia akan dimintai pertang-gung jawaban atas rakyat yang dipimpinnya".
(Nasehat Rasulullah saw)

343. 5 Yang utama
1. Tidak ada teman yang lebih utama daripada lisan (teman yang paling baik adalah teman yang dapat menjaga lisannya)
2. Tidak ada paaian yang lebih baik daripada sikap Wara' (meninggalkan syubhat/ keragu-raguan. Dan melakukan sesuatu yang bermanfaat dan meninggalkan yang tidak bermanfaat).
3. Tidak ada harta yang paling utama daripada sifat Qona'ah (puas atas apa yang dimiliki)
4. Tidak ada kebaikan yang lebih utama daripada ikhlas dalam mengerjakan sesuatu
5. Tidak ada makanan yang lebih ni'mat daripada sebuah kesabaran, jika tertimpa musibah, maka : Mampu mengendalikan diri dari kebencian, Mampu mengendalikan lisan, Mampu mengendalikan diri (anggota badan)

(Umar Ibn Khatab ra.)

344. Utamakan kebaikan bagi diri sendiri
Ad-Dainuri mencatat bahwasannya satu waktu Umar memberi nasehat kepada seorang lelaki dan berkata:
"Jangan sampai (kondisi) orang lain memalingkan perhatianmu dan memperhatikan diri sendiri, karena segala akibat yang akan terjadi menjadi tanggunganmu tanpa melibatkan mereka.
Jangan pula kamu menghabiskan waktu seharian hanya dengan sia-sia, karena seluruh kegiatanmu itu tercatat rapi Dan bila kami melakukan kesalahan maka susullah ia dengan berbuat kebaikan karena dalam hematku, tak ada sesuatu pun yang lebih cepat menghapus kecuali kebajikan baru terhadap dosa lama."
(Nasehat Umar bin Khotob)

345. Yang takut Allah
Mintalah perlindungan dari maksiat Dan musyawarakanlah urusanmu dengan orang-orang yang takut kepada Allah karena sesungguhnya Dia telah berfirman: "Sesungguhnya yang takut kepada Allah hanyalah hamba-hamba-Nya yang berilmu"
(Umar ibn Khatab ra.)

346. Ajarkan sastra
"Ajarkanlah sastra kepada anak-anakmu, karena itu dapat mengubah anak yang pengecut menjadi pemberani."
(Nasihat Umar bin Khattab)

347. Jangan remehkan muslim lain
"Janganlah seorang muslim merendahkan muslim lainnya! Karena sekecil-kecilnya seorang muslim, di sisi Allah adalah besar."
(Abu Bakar ash-Shiddiq R.a )

348. Jangan duduk dengan pengikut hawa nafsu
"Janganlah Anda duduk-duduk (bermajelis) bersama para pengikut hawa nafsu, karena sesungguhnya duduk-duduk bersama mereka akan membuat hati menjadi sakit."
(Ibnu 'Abbas R.a)

349. Sakit terparah
"Tidak ada sakit yang lebih parah daripada sakitnya hati karena banyaknya dosa yang dilakukan, dan tidak ada kesulitan yang melebihi sulitnya kematian. Cukuplah segala yang telah berlalu sebagai bahan pelajaran, dan cukuplah kematian sebagai penasehat."
(Ali bin Abi Thalib R.a)

350. semakin besar semakin berat ujian
"Tidaklah Allah menciptakan sesuatu melainkan pada mulanya kecil kemudian membesar, kecuali musibah; Karena sesungguhnya Allah menciptakannya besar pada awalnya kemudian mengecil."
(Hudzaifah bin al-Yaman R.a)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah