Senin, 21 September 2015

Kumpulan mutiara nasehat islam (bag. 8 )

351. amalan yang dicintai Allah SWT
Khabbab bin al-Arats R.a (Sahabat) pernah berkata kepada seseorang, "Mendekatlah kepada Allah semampumu (dengan memperbanyak amal shalih). Ketahuilah, sesungguhnya Anda tidak akan menemukan suatu amalan yang dapat mendekatkan Anda kepada Allah yang lebih dicintai-Nya daripada (membaca, mendengarkan dan mentadabburi) firman-firman-Nya."
(Khabbab bin al-Arats R.a)

352. Setelah Kematian
"Seandainya Anda mengetahui apa yang akan Anda hadapi setelah kematian, niscaya akan hilanglah selera Anda untuk makan dan minum dan Anda tidak akan masuk ke dalam rumah untuk berteduh di dalamnya.

( Abu ad-Darda' R.a )

353. Jangan tertipu
"Janganlah Anda tertipu dengan banyaknya amal ibadah yang telah Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah menerima amalan Anda atau tidak.
Jangan pula Anda merasa aman dari bahaya dosa-dosa yang Anda lakukan, karena sesungguhnya Anda tidak mengetahui apakah Allah mengampuni dosa-dosa Anda tersebut atau tidak."
(Hasan Al-Basri R.a)

354. Waktu terus berlalu
"Tidaklah datang suatu hari dari hari-hari di dunia ini melainkan ia berkata, "Wahai manusia! Sesungguhnya aku adalah hari yang baru, dan sesungguhnya aku akan menjadi saksi (di hadapan Allah) atas apa-apa yang kalian lakukan padaku. Apabila matahari telah terbenam, maka aku akan pergi meninggalkan kalian dan takkan pernah kembali lagi hingga hari kiamat."
(al-Hasan al-Bashri R.a)

355. Jual dunia untuk akhirat
" Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya, dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu, karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedangkan tinggal di akhirat sana sangatlah panjang"
(al-Hasan al-Bashri R.a)

356. Perlombaan sesungguhnya
Jika ada orang ingin mengalahkanmu dalam urusan dunia, berikan kesempatan kepada mereka. Akan tetapi jangan mengalah untuk urusan akhirat. Karena perlombaan / permainan dunia ini hanya sementara. Semakin serius bermain semakin binasa. Sedangkan urusan akhirat semakin serius akan semakin mendatangkan bahagia.
(Ashabul Muslimin)

357. Tipu daya dunia
"Dunia adalah kesenangan yang (akan) segera ditinggalkan. Demi Allah yang tiada Ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Dia, tak lama lagi (dunia ini) akan hancur bersama penduduknya. Maka ambillah dari kesenangan dunia untuk mentaati Allah semampu Anda! Sesungguhnya tiada daya dan upaya kecuali dari Allah."
(Qatadah ra.)
358. dosa dan taubat
"Sesungguhnya al-Qur'an telah menunjukkan kepada kalian penyakit yang kalian derita dan obat penawarnya. Adapun penyakit kalian adalah perbuatan dosa dan maksiat, sedangkan obat penawarnya adalah taubat dan istigfar."
(Qatadah ra.)

359. Munafiq
"Janganlah Anda termasuk ke dalam golongan orang yang apabila mereka berada di tengah orang banyak, mereka menjadikan Iblis sebagai musuh. Akan tetapi, ketika mereka menyendiri, mereka menjadikan Iblis sebagai sahabat dekat."
(Sahnun R.a)
360. mengingat akhirat
"Umar bin Abdul Aziz biasa berkumpul bersama orang-orang fakir setiap malamnya. Mereka duduk bersama-sama saling mengingatkan tentang kematian, hari kiamat dan kehidupan akhirat. Mereka pun menangis di majelis tersebut seolah-olah jenazah ada di hadapan mereka saat itu."
(Atha bin Rabah ra.)
361. Rasa takut yang paling utama
"Sesungguhnya rasa takut yang paling utama adalah rasa takut kepada Allah yang dapat menghalangi Anda dari perbuatan maksiat dan mendorong Anda untuk berbuat ketaatan; Dan dzikir merupakan (bagian dari) ketaatan kepada Allah. Maka barangsiapa yang mentaati Allah maka sesungguhnya ia telah berdzikir. Sebaliknya, barangsiapa yang tidak mentaati-Nya, maka sesungguhnya ia telah lalai dari dzikir kepada-Nya walaupun ia banyak bertasbih dan membaca al-Qur'an."
(Sa'id bin Jubair ra.)

362. Paling dermawan
"Sesungguhnya orang yang paling dermawan di dunia ini adalah orang yang menunaikan hak-hak Allah walaupun orang lain melihatnya sebagai orang yang kikir dalam hal lain. Dan sesungguhnya orang yang paling kikir di dunia ini adalah orang yang kikir untuk menunaikan hak-hak Allah walaupun orang lain melihatnya sebagai orang yang dermawan dalam hal lain."
(Wahab bin Munabbih ra.)

363. Hafalah ilmumu
"Hafalkanlah ilmu yang telah Anda kumpulkan! Karena orang yang mengumpulkan ilmu namun ia tidak menghafalnya, bagaikan seorang laki-laki yang duduk di depan hidangan, lalu ia mengambil hidangan tersebut sesuap demi sesuap, namun ia lemparkan suapan-suapan itu ke belakang punggungnya. Kapankah Anda akan melihatnya kenyang?"
(al-A'masy R.a)

364. Paling sulit
"Tidak ada sesuatu yang lebih sulit untuk aku hadapi daripada diriku (hawa nafsuku) sendiri. Terkadang aku berhasil mengalahkannya, tapi di lain waktu dia berhasil mengalahkanku."
(Sufyan ats-Tsauri R.a)
353. Tinggalkan yang tidak perlu
"Tinggalkanlah pandangan-pandangan mata yang tidak bermanfaat, niscaya Allah akan memberikan kekhusyu'an ke dalam hatimu! Dan tinggalkanlah perkataan-perkataan yang tidak bermanfaat, niscaya Allah akan memberikan mutiara hikmah kepada Anda."
(Ibnul Mubarak R.a)

365. Sempurna dengan 5 perkara
"Keshalihan amal seseorang akan sempurna dengan enam perkara :
(1) senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan takut pada ancaman-Nya,
(2) berbaik sangka terhadap sesama muslim,
(3) Menyibukkan diri dengan mengkorek-korek aib sendiri sehingga ia tidak sempat memperhatikan aib orang lain,
(4) menutup aib saudaranya dan tidak menyebarkannya kepada orang lain dengan harapan saudaranya tersebut mau meninggalkan perbuatan maksiat dan memperbaiki perilakunya yang tidak baik,
(5) menganggap besar kekurangan yang ada pada amalnya sehingga ia terdorong untuk meningkatkannya dan
(6) berteman dengan orang yang ia anggap benar."
(Syaqiq bin Ibrahim R.a)

366. Kelak
"Kematian telah berada di leherku, kuburan adalah rumahku, pada hari kiamat kelak aku akan berdiri dihadapan Allah, shirath (jembatan di atas neraka jahannam) akan menjadi jalan yang harus kulewati. Demi Allah! Aku tidak tahu apa yang akan terjadi padaku kelak."
(Atha' as-Sulami ra.)

367. Empat perkara taubat
"Taubat yang sesungguhnya mempunyai empat perkara :
(1) istighfar dengan lisan,
(2) meninggalkan perbuatan maksiat,
(3) bertekad dalam hati untuk tidak kembali berbuat dosa dan
(4) meninggalkan teman-teman yang jahat."
(Muhammad bin Ka'ab ra.)

368. Tulang rusuk adalah bengkok
"Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bernikmat-nikmat dengannya, engkau bisa bernikmat-nikmat namun padanya ada kebengkokan."
(Nasehat Rasulullah saw)

369. Nasehat untuk anak didikku
Wahai Anakku yang kusayangi,..
Ketahuilah sesungguhnya dunia ini bagaikan lautan yang dalam, banyak manusia yang karam di dalamnya. Bila engkau ingin selamat, layarilah lautan itu dengan sampan yang bernama taqwa, isinya iman dan layarnya adalah tawakkal kepada Allah SWT.
Sesungguhnya orang-orang yang selalu menyediakan dirinya untuk menerima nasihat, maka dirinya akan mendapat perjuangan dari Allah. Orang yang insyaf dan sadar telah menerima kemuliaaan dari Allah.
Orang yang merasa dirinya hina dan rendah diri dalam beribadah dan taat kepada Allah, maka dia bertawadhu' kepadaNya. Dia akan lebih taat kepada allah dan selalu berusaha menghindari maksiat.
Seandainya orang tuamu marah kepadamu(karena kesalahanmu) maka marahnya orang tuamu itu adalah bagaikan pupuk bagi tanaman.
Jauhkanlah dirimu dari berhutang karena sesungguhnya berhutang itu bisa menjadikan dirimu hina di waktu siang dan gelisah di waktu malam.
selalu berharap kepada Allah tentang segala sesuatu yang menyebabkan dirimu tidak durhaka kepada Allah. Takutlah kepadaNya dengan sebenar takut, tentulah engkau akan terlepas sifat putus asa dari rahmat Allah SWT
Seorang pendusta akan lekas hilang air mukanya karena tidak dipercaya orang dan seseorang yang telah bejat akhlaknya akan senantiasa melamunkan hal-hal yang tidak benar, ketahuilah memindahkan batu besar dari tempatnya semula itu lebih mudah dari mengembalikan nama baik atau kehormatan.
Engkau telah merasakan betapa berat memindahkan batu itu dan besi yang amat berat tetapi akan berat lagi dari semua itu, adalah apabila kamu mempunyai tetangga yang jahat.
Janganlah sekali-kali engkau mengirimkan seorang yang bodoh menjadi utusan. Jika tidak ada orang yang cerdas dan pintar, sebaiknya dirimu sendiri yang menjadi utusan.
makanlah makanan bersama orang-orang yang bertakwa dan musyawarahkanlah urusanmu dengan para alim ulama dengan cara memohon nasihat kepadanya.
(Nasehat Habib Umar bin Muhammad)

370. Akal dan nafsu
"Kekerasan bukan cara menyelesaikan masalah, tapi merupakan penyulut masalah baru yang lebih besar. Sesungguhnya manusia diberi akal untuk menghadapi masalahnya. Tunduk kepada hawa nafsu adalah kebinasaan. Karena dari jaman sejak Adam As diciptakan yang namanya hawa nafsu itu adalah bersifat merusak, takkan pernah bersifat memperbaiki ".
(ashabul muslimin)
371. Jangan dekati zina
"Dalam Al-qur'an (al-isra[17] : 32) Allah SWT melarang kita mendekati zina, mendekatinya saja haram apalagi perzinaannya !".
"Dan diantara perbuatan mendekati zina adalah memandang lawan jenis, memandang gambar dan video seronok, , pacaran via elektronik, ikhtilath (percampur bauran laki perempuan), mendengarkan nyanyian yang mengundang syahwat, pergi berduaan dengan lawan jenis, dan yang paling berbahaya adalah pacaran (berduaan) ditempat sepi. Karena pihak ketiga adalah syaitan sehingga shalat seribu rakaa'at lebih ringan baginya daripada menahan godaan syaitan untuk melakukan perzinaan disaat ada kesempatan terbuka lebar".
"Bagaimana mungkin seorang manusia bisa menahan beban 1000 kali berat dirinya. Itulah ibarat menahan godaan berzina disaat kesempatan melakukannya terbuka lebar".
"wahai pemuda Islam berhati-hatilah. Karena dijaman akhir ini kebanyakan perzinaan adalah berawal dari menyepelekan perbuatan perantara zina. Jika diberi nasehat membantah dengan seribu alasan. Sehingga akibatnya benar-benar sungguh-sungguh mengerikan. Perzinaan merajalela tanpa seorangpun bisa mencegahnya.
"Zina adalah perbuatan senang sesaat, namun sengsara selamanya kemudian".
(Ashabul Muslimin)

372. Hakikat kesabaran
"Kesabaran bukan untuk mengekang, tapi dengan sabar akan mencegah sesuatu yang kejelekan yang tidak kita inginkan, dan dibalik kesabaran ada kelapangan dan kemenangan yang besar"
(Ashabul Muslimin)

373. Yang kuat, yang pandai, yang sukses
"Orang yang kuat bukan orang yang kekar badannya, tapi orang yang kuat akalnya sehingga dia bisa menahan amarahnya"
"Orang yang pandai bukan orang yang pandai menghafal ilmu, tapi orang yang pandai adalah orang yang mampu menggunakan akalnya untuk memahami dan mengamalkan ilmu".
"Orang yang sukses bukanlah orang yang kaya raya, tapi orang sukses adalah seorang hamba yang pandai bersyukur kepada Tuhannya."
(ashabul muslimin)

374. jauhilah yang sia-sia
Orang yang banyak ketawa itu akan berkurang wibawanya.
Orang yang suka menghina orang lain, dia juga akan dihina.
Orang yang mencintai akhirat, dunia pasti menyertainya.
Barangsiapa menjaga kehormatan orang lain, pasti kehormatan dirinya akan terjaga.
(Umar Bin Khotob ra.)

375. yang penting diterima amal kita
"Hendaklah kamu lebih memperhatikan tentang bagaimana amalan itu diterima daripada banyak beramal, kerana sesungguhnya terlalu sedikit amalan manusia didunia ini yang disertai takwa."
(Ali bin abi thalib ra.)

376. Janganlah..
Janganlah seseorang hamba itu mengharap selain kepada Tuhannya.
dan janganlah dia takut selain kepada dosa-dosanya yang telah diperbuat.
(Ali bin abi thalib ra.)

378. jagalah dari kesia-siaan
Tiada sholat yang sempurna tanpa jiwa yang khusyu'.
Tiada puasa yang sempurna tanpa mencegah diri daripada perbuatan yang sia-sia.
Tiada kebaikan bagi ahli baca al-Qur'an tanpa mengambil pelajaran dan hikmah daripadanya.
Tiada kebaikan bagi orang yang berilmu tanpa memiliki sifat wara'(hati-hati).
Tiada kebaikan dalam berteman tanpa saling sayang-menyayangi.
(Ali bin abi thalib ra.)

379. Ilmu butuh pemahaman
Tidak ada kebaikan ibadah yang tidak disertai ilmunya
dan tidak ada kebaikan ilmu yang tidak difahami (dan diamalkan)
dan tidak ada kebaikan bacaan kalau tidak ada perhatian (untuk memahami)nya.
(Ali bin abi thalib ra.)

380. Yang paling baik
Nikmat yang paling baik ialah nikmat iman dan islam.
Doa yang paling sempurna ialah doa yang dilandasi keikhlasan.
Barangsiapa yang banyak bicara, maka banyak pula salahnya.
Siapa yang banyak salahnya, maka hilanglah harga dirinya banyaklah dosanya.
Siapa yang hilang harga dirinya, berarti dia tidak wara'.
Sedang orang yang tidak wara' itu berarti hatinya telah mati.
Orang yang hatinya mati sulit menerima hidayah-Nya.
(Ashabul Muslimin.)
381. Tanda orang bijaksana
Antara tanda-tanda orang yang bijaksana itu ialah :
1. Hatinya selalu berniat suci. Lidahnya selalu basah dengan zikrullah.
2. Kedua matanya menangis kerana penyesalan (terhadap dosa).
3. Segala perkara dihadapinya dengan sabar dan tabah.
4. Mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.
(Ustman bin affan ra.)

382. Waspada dengan amal yang tidak diterima
"Tiada hal yang paling merugikan selain menyekutukan Allah dan merugikan / menyakiti hati orang lain.
Karena seorang punya amalan setinggi langit tetapi syirik kepada Allah maka amalnya tidak ada satupun yang diterima
Dan seorang punya amalan setinggi langit tetapi dia suka menyakiti orang lain tanpa meminta maaf maka diakhirat dia bangkrut karena pahalanya habis untuk menanggung beban hutang dosanya."
(ashabul muslimin)

383. 5 Tanda Kesempurnaan Iman
Ada 5 tanda kesempurnaan iman :
Jika marah maka marahnya berdasarkan kebenaran.
Jika bersenang-senang maka bukanlah yang merugikan
Jika bersalah langsung meminta maaf,
jika disalahi tidak langsung membalas
dan mudah memaafkan kesalahan orang lain
(Ashabul Muslimin)

384. Dengan Al-Qur'an
Dengan Al-Qur'an Allah kuburkan kedengkian,
Dengan Al-Qur'an Allah padamkan permusuhan;
Melalui Al-Qur'an diikat persaudaraan;
Yang hina dimuliakan. Yang tinggi direndahkan.
Dengan Al-Qur'an Allah berbicara kepada manusia.
Dengan Al-Qur'an Allah memberi petunjuk kepada siapa saja yang mengharapkan rahmat-Nya.
Dengan Al-Qur'an Allah tegakkan hokum yang paling benar.
Dengan Al-Qur'an Allah memberi kabar gembira kepada yang beriman
Dengan Al-Qur'an Allah memberi kabar peringatan akan siksa pedih bagi yang melampaui batas.
Dengan Al-Qur'an Allah menunjukkan kebesaran dan kekuasaan-Nya.
(Ashabul Muslimin)

385. 4 Hal yang membuat bahagia
Empat hal yang bisa membuat bahagia dunia dan akhirat :
1. Sifat mudah bersyukur
2. Hati dan Lidah yang gemar berdzikir
3. Sifat sabar dan tabah terhadap cobaan
4. Pasangan yang setia menjaga dirinya, harta dan kerhormatannya
(ashabul muslimin)

386. 4 hal surga dunia
Jika orang dapat empat hal, ia dapat kebaikan dunia akhirat: Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir, badan yang tabah pada cobaan, dan pasangan yang setia menjaga dirinya dan hartanya.
(ashabul muslimin)

387. Penghapus taubat
Ada dua hal yang dapat menghapus dosa yaitu Taubat dan amal shalih
(ashabul muslimin)

389. 3 Golongan manusia yang dibenci orang bodoh
3 golongan manusia yang akan selalu dibenci orang bodoh dan hina yaitu :
Orang pandai yang mengamalkan ilmunya
Orang cerdas dan pandai berpikir
Pemimpin yang adil dan bijaksana
(ashabul muslimin)

390. sebab kerusakan
"sebab kerusakan dimuka bumi ini adalah tidak lain karena hawa nafsu manusia yang diperturutkan, punya akal pikiran namun tidak digunakan untuk mengendalikan hawa nafsunya".
(Ashabul Muslimin)
391. Musibah terbesar
Tiada musibah lebih besar selain dua hal yaitu :
Meremehkan dosa-dosa
Dan merasa puas dengan kebaikannya.
(ashabul muslimin)

392. Hati adalah..
Hati adalah ladang pohon kebaikan atau kejelekan sedangkan buahnya adalah apa yang keluar dari lisan dan perbuatan
(ashabul muslimin)

393. Semakin dekat semakin takut
"Semakin dekat seorang hamba kepada Allah SWT maka akan semakin takut.
Semakin jauh seorang hamba kepada Allah SWT maka akan semakin berani melanggar peraturan-Nya.
(ashabul muslimin)

394. Pilihlah teman pergaulan
"Duduklah dengan orang berilmu maka kau akan ketularan ilmunya, janganlah duduk dengan orang bodoh jika tidak ingin ketularan kebodohannya".
(ashabul muslimin)

395. 3 konsekuensi
3 Konsekuensi seorang mukmin terhadap agamanya adalah :
Percaya sepenuh hati kepada kebenaran syari'at islam
Sabar dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan agama
Sukarela mengorbankan harta, jiwa dan raga untuk kejayaan agamanya.
(ashabul muslimin)

396. Kedekatan dengan rasul
Kedekatan seorang muslim terhadap Nabi saw pada hari kiamat tergantung loyalitasnya kepada ajaran agama ini.
(ashabul muslimin)

397. semua dalah pelajaran dan semua adalah gurumu
"tiada satupun dibumi ini melainkan sejengkal tanahnya adalah pelajaran yang berharga bagi orang-orang yang berakal"
(ashabul muslimin)

398. seburuk-buruk dan sebaik-baik manusia
"seburuk-buruk manusia adalah yang paling menuruti hawa nafsunya karena tidak mengenal Allah SWT, sebaik-baik manusia adalah yang paling mengendalikan hawa nafsunya karena rasa takut kepada Allah SWT".
(ashabul muslimin)

399. Hawa nafsu
"hawa nafsu itu adalah naluri hewan jika dituruti maka manusia itu tak ubahnya hewan, dan tak ada yang lebih jelek dihadapan-Nya pada hari kiamat melainkan yang dikaruniai akal tetapi tidak digunakan memahami ayat-Nya dan senantiantasa menuruti hawa nafsunya".
(ashabul muslimin)

400. Hebatnya kerusakan akibat hawa nafsu
"ilmu seluas samudra dijatuhi setetes hawa nafsu niscaya akan binasalah tanpa tersisa"
(ashabul muslimin)

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah