Kamis, 10 Agustus 2017

Belum Sempurna Keimanan Sebelum Mencintai Rasulullah saw Melebihi Cinta Keluarga dan Kekasihnya


Demi Allah, belum sempurna iman seseorang sampai aku lebih dicintai daripada bapak-ibunya, keluarganya dan manusia seluruhnya 

(Al Hadist).

Sekarang ini Rasulullah telah tiada. Cara yang paling tepat untuk menunjukkan kecintaan kita adalah mengikuti semua ajarannya, ajaran yang dibawa oleh Rasulullah yang bersumber dari wahyu Ilahi. Mengikuti semua ajaran Nabi berarti juga mengikuti ajaran Allah SWT karena semua apa yang disampaikannya bersumber dari wahyu Ilahi. Al Quran telah menegaskan hal ini, bahwa semua yang dibawa oleh Rasulullah bukanlah berasal dari dirinya:

 Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya) (QS. An Najam 53:1-4)

Agama Islam ini, ajaran yang dibawa oleh Rasulullah yang berdasarkan wahyu Ilahi ini sudah demikian paripurna, lengkap menyeluruh mengatur semua aspek kehidupan kita. Ia mengatur dari mulai kita bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan seandainya pun di tengah-tengah tidur kita terbangun, kita akan dapatkan pembahasan mengenai kegiatan di antara tidur ini baik itu aktivitas rohani, misalnya mendekatkan diri dengan Ilahi melalui ibadah sholat tahajjud maupun aktivitas non-spiritual. Kesemuanya sudah tersusun lengkap di dalam Islam.

Persaudaraan, akhlak mulia, penghormatan terhadap kemanusiaan semua manusia dalam arti persamaan derajat juga mendapatkan porsi yang besar dalam ajaran ini. Kasih sayang sesama manusia tanpa memandang status keduniaan sangat jelas dalam Islam.

Pernah salah seorang sahabat terpandang tanpa sengaja melakukan penghinaan terhadap sahabat Bilal dengan memanggilnya dengan sebutan putra budak hitam. Mendengar itu muka Rasulullah merah padam, marah sampai keluar ucapan celaka, celaka, celaka tiga kali. Lanjutan hadis mengenai hal ini menegaskan bahwa tidak ada kelebihan keturunan arab dan bukan arab. Yang membedakan antara seorang hamba dengan hamba lainnya hanyalah derajat ketakwaan. Mendengar teguran keras dari Rasulullah, sang sahabat bangsawan tersebut langsung menjatuhkan diri di hadapan Bilal, dengan menempelkan pipinya di tanah meminta Bilal untuk menginjak mukanya sebagai balasan atas penghinaan yang telah beliau lakukan. Subhanallah!

Bilal, salah seorang sahabat keturunan kulit hitam, yang dulunya seorang hamba sahaya kemudian dibebaskan oleh Abu Bakar, yang bermuka buruk sampai kalau pun tersenyum anak kecil pun menangis ketakutan, Bilal yang miskin dan hitam ini pun mendapatkan penghormatan yang sama dengan sahabat-sahabat lain yang kebetulan mendapatkan anugerah kekayaan. Bahkan diceritakan dalam sebuah hadis sewaktu melakukan Isra Mikraj, Rasulullah menemukan terompah Bilal sudah lebih dahulu berada di surga. Jadi betul-betul hanyalah derajat ketakwaan yang membedakan, bukan derajat lainnya. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian adalah yang paling takwa.

Marilah sekarang kita tengok keseharian kita. Berapa sering kita nunduk-nunduk atau paling tidak merasa lebih sreg bergaul dengan orang-orang perlente, golongan bos-bos; dan berapa sering kita acuh tak acuh terhadap orang-orang yang di bawah kita, lebih rendah status keduniaannya daripada kita. Ada dikotomi pergaulan staff  nonstaff. Terkadang kita juga sering menerapkan persaudaraan parsial. Terhadap orang-orang yang segolongan dengan kita, alangkah manis raut muka dan senyum kita. Panggilan saudara, akhi dan jabat erat kita berikan kepada ikhwan-ikhwan yang sekelompok dengan kita, sementara orang yang di luar kelompok kita, untuk tersenyum pun terasa berat. Dakwah mengalir deras, persaudaraan terasa kental untuk ikhwan-ikhwan yang terbiasa bersama kita di jamaah sholat, sedangkan orang yang baru datang, sambutan hangat hanya milik orang-orang ahli pengajian yang bersama kita. Astaghfirullah!

Ini baru satu ajaran yang mestinya kita pegang erat-erat, kita terapkan tanpa membeda-bedakan status, kedudukan dunia.

Mari kita renungkan hal ini.

Terakhir, saya ulangi hadis Rasulullah yang saya kutip di atas. Demi Allah, belum sempurna iman seseorang sampai aku lebih dicintai daripada bapak-ibunya, keluarganya dan manusia seluruhnya dengan harapan agar kita semua dapat membuktikan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dengan melaksanakan semua ajarannya.

Wallahualam bishshowab

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan komentarnya jika ada link mati harap lapor. jazakumullah